Bangun Karir Menjadi System Engineer Bersama PT Nippon Steel Solutions di Jepang

HR Development Department, Human Resources Bureau NS Solutions Jepang, Takashi Yumimoto, memberikan penjelasan mengenai profil perusahaan kepada para kandidat. Kegiatan dilaksanakan di ITB Kota Bandung, pada Sabtu (3/8/2019). (Dok. ITB Career Center/Mar)
 
Bandung, ITB Career Center - PT Nippon Steel Solutions (NSSOL) membuka kesempatan bagi kandidat asal Indonesia untuk bekerja di Jepang sebagai System Engineer. Perusahaan asal Jepang ini akan memberikan kesempatan kepada kandidat terpilih asal Indonesia untuk bekerja di Jepang, kemudian kembali ke Indonesia dan menjadi pegawai tetap untuk cabang perusahaan di Jakarta.

Menurut HR Assistant Manager PT NSSOL System Indonesia, Dhony Harnawan mengatakan untuk program System Engineer Trainee di Jepang, dilaksanakan selama dua tahun. Di sana kandidat asal Indonesia akan diberikan pengetahuan dan pelatihan langsung dari pusat. Sebelum berangkat ke Jepang, kandidat terpilih akan dipersiapkan terlebih dahulu. Di Indonesia, mereka akan diberikan pelatihan bahasa Jepang.

“Untuk program ini dimulai pada Januari 2020, statusnya masih kontrak di sana. Nanti pada 2022 akan kembali ke Indonesia dengan status pegawai tetap cabang di Indonesia,” ujarnya saat memberikan persentasi dalam rangkaian rekrutmen yang dilaksanakan di ITB Kota Bandung, pada Sabtu (3/8/2019).

Di sana mereka akan diberikan fasilitas seperti gaji dan perjalanan dinas yang disesuaikan dengan standar Jepang. Setelah kembali ke Indonesia, status sebagai karyawan magang akan berubah menjadi pegawai tetap dengan level team leader. Jika kinerja kandidat bagus, tidak menutup kemungkinan karirnya pun akan lebih mudah berkembang.

“Setiap enam bulan ada review perkembangan setiap kandidat. Jika dirasa cukup, kita akan melakukan rotasi atau promosi. Jadi, kita ada target dan jenjang karir. Setiap tahun kita punya mekanismenya,” jelas Dhony.         

Sementara itu, HR Development Department, Human Resources Bureau NS Solutions Jepang, Takashi Yumimoto, perusahaan memilih kandidat asal Indonesia karena dipandang sebagai pribadi yang pekerja keras dan pintar. Apalagi Indonesia disebut sebagai market yang postensial menurut perusahaan Jepang.

“Kami memilih negara Indonesia karena orang Indonesia pintar dan pekerja keras. Kami juga sedang memperluas perusahaan dan kami lihat Indonesia sebagai pasar yang potensial,” jelasnya saat ditemui disela-sela rekrutmen.

Rangkaian rekrutmen teridiri dari beberapa tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada 3 Agustus 2019 yaitu paper test. Tahap kedua dilaksanakan pada 4 Agustus 2019 yaitu interview yang diikuti oleh kandidat terpilih. Tahap ketiga adalah online test yang akan dilaksanakan pada 14 hingga 18 Agustus 2019. Di sini peserta akan diberikan link melalui email yang harus dikerjakan oleh masing-masing kandidat. Tahap selanjutnya adalah interview langsung di perusahaan yang akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2019. (Mar)



Komentar



Events & Calendar
    • No Upcoming Event
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More