Persiapakan Diri Bangun Karir di Luar Negeri

Bandung, ITB Career Center – Berkarir di luar negeri merupakan impian banyak orang. Banyak yang memilih berkarir di luar negeri karena berbagai alasan, misalnya jenjang karir yang lebih jelas, wawasan yang lebih luas, relasi dari berbagai negara, hingga penghasilan yang besar. Akan tetapi, bekerja di luar negeri tidaklah mudah.

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk kita bekerja di luar negeri. Selain jumlah saingan yang banyak, standar penerimaan karyawan di luar negeri pun terbilang tinggi. Akan tetapi, jika kita dapat bersaing dengan pelamar dari berbagai negara, sama saja kita membawa nama baik negara kita sendiri. Seperti yang dikutip dari laman aicd.companydirectors.com.au, ada beberapa hal yang dapat kita persiapkan untuk memulai bekerja di luar negeri.

  • Perdalam bahasa dan kebudayaannya

Tentukan bidang apa yang kita minati dan perdalam hal tersebut. Cari tahu kesempatan-kesempatan yang mungkin muncul. Jangan lupa untuk pelajari kebudayaan dan bahasa negara yang akan kita tuju. Memiliki kemampuan komunikasi dengan bahasa asing sesuai dengan negara yang kita tuju akan memberikan nilai lebih dimata perusahaan. Apalagi jika kita mengetahui kebudayaanya. Hal tersebut menunjukan ketertarikan kita.

  • Kembangkan kemampuan sesuai dengan standar perusahaan luar negeri

Agar kita merasa percaya diri untuk ikut bersaing dengan pelamar dari berbagai negara, kembangkanlah kemampuan kita, asah keahlian dan perbanyak pengalaman bekerja. Kembangkan pula kemampuan berpikir secara global. Kita pun dapat mencari tahu mengenai perusahaan di luar negeri dari orang-orang yang sudah memiliki pengalaman berkarir di luar negeri.

  • Lebih aktif dan berkontribusi

Agar lebih unggul dibandingkan orang lain, kita harus lebih agresif dalam hal positif. Tunjukan keahlian yang dimiliki dengan lebih aktif dalam forum dan lebih banyak berkontribusi dalam sebuah kegiatan. Jangan hanya menjadi bagian dari suatu forum, tetapi ikut terlibat aktif.

  • Kenal dengan orang-orang tepat

Ikutilah organisasi atau komunitas yang dapat membuka jalan kita berkenalan dengan orang yang tepat agar dapat bekerja di luar negeri. Orang-orang ini akan memberikan informasi yang tepat, hingga memberikan arahan kepada kita untuk membangun karir di luar negeri. Jika sudah menjadi senior, kita pun dapat meminta rekomendasi dan rujukan mereka untuk bergabung dalam perusahaan tempat ia bekerja.

Membangun karir di luar negeri mungkin bisa menjadi salah satu impian yang akan terwujud jika kita senantiasa berusaha. Walaupun sulit, banyak kesempatan yang bisa kita temukan asalkan pantang menyerah. Tips di atas bisa dijadikan pembelajaran untuk mengapai impian membangun karir di luar negeri. (Mar.)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More