Hal Penting dalam Perencanaan Karir

(Sumber Gambar : https://www.pelajaran.co.id/wp-content/uploads/2018/05/Karir.jpg)

Bandung ITB Career Center – Kita membutuhkan rencana untuk meniti karir. Perencanaan dibutuhkan karena tidak semua berjalan berdasarkan keberuntungan. Apalagi untuk seseorang yang belum dapat menentukan karir di masa depan.

Menurut reed.co.uk, perencanaan karir adalah strategi praktis yang memungkinkan kita menentukan keterampilan dan minat dalam menetapkan tujuan karir serta tindakan apa yang akan dilakukan untuk membantu kita mencapainya. Reed.co.uk memberikan tahapan membuat perencanaan karir, yaitu:

  • Faktor yang menjadi pertimbangan

Pertama yang harus kita pikirkan dalam membuat perencanaan karir adalah mencari tahu karir yang tepat untuk kita sendiri. Prioritaskan pilihan berdasarkan minat dan kekuatan yang kita miliki. Pertimbangkan juga faktor yang menurut kita penting, seperti gaji, budaya perusahaan, jam kerja dan waktu perjalanan menuju tempat bekerja.

  • List keahlian yang kita miliki

Catat keahlian, keterampilan, kemampuan dan pengalaman apa saja yang dimiliki yang akan membantu kita memahami jalur karir yang sesuai dengan kita. Hal ini pun dapat menjadi pertimbangan kita dalam memilih pekerjaan, apakah pekerjaan yang ada sesuai dengan keahlian yang kita miliki atau tidak. Kita pun dapat mengetahuai keterampilan mana yang dapat dikembangkan demi kesuksesan karir.

  • Tetapkan tujuan dan tindakan

Setelah memutuskan jalur karir sesuai dengan keterampilan yang kita miliki, kita dapat menentukan tujuan yang akan kita capai. Setelah itu kita dapat menentukan tindakan-tindakan yang tepat. Kita dapat menentukan tujuan dan tindakan yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek.

  • Tetapkan deadline

Tetapkan deadline dari setiap tujuan. Buatlah kerangka waktu untuk memotivasi kita dalam menyelesaikan target tujuan yang ada. Dengan kerangka waktu kita akan bekerja sesuai dengan tanggal yang ditentukan, kita pun dapat memilih skala waktu yang lebih leluasa dalam rencana karir.

  • Periksa kembali perencanaan

Untuk memastikan tujuan dan sasaran sudah sesuai, penting bagi kita untuk terus memeriksan kembali perencanaan karir kita. Dengan memeriksa kembali perencanaan, kita pun dapat melihat seberapa besar kemajuan kita selama ini. Kita dapat melakukan perubahan jika diperlukan.

Hal-hal tersebut harus terdapat dalam perencanaan karir. Perencanaan karir akan memastikan kita menuju perjalanan karir yang benar. Perencanaan karir pun akan membantu melihat kelemahan hingga celah karir kita di masa depan. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More