Roadmap Bisnis, Langkah Awal Bangun Bisnis Sendiri

(Sumber Gambar: https://www.smartbisnis.co.id/assets/imagecache/contentRead/belajar-bisnis-ingin-sukses-bangun-bisnis-di-tahun-2018-ikuti-5-tips-jitu-ini.png)

Bandung, ITB Career Center – Membangun sebuah bisnis tentu tidak mudah. Kita akan dihadapkan dengan hal mengejutkan yang tidak pernah terbayangkan. Kita menemukan banyak hal baru, sehingga saat memulai bisnis, tidak hanya fokus membangun bisnis tetapi kita akan belajar dari pengalaman membangun bisnis tersebut.

Untuk itu, penting untuk membuat perencanaan matang sebelum memulai bisnis. Hal ini disampaikan oleh Professor Managemen dan Inovasi, Mohammed Bin Rashid School of Government, Dr. Melodena Stephens. Dikutip dari artikelnya di entrepreneur.com, sebaiknya kita memiliki roadmap untuk bisnis yang kita jalani. Ada beberapa hal yang harus ada saat kita membuat roadmap bisnis.

  • Garis besar tujuan utama bisnis

Apa tujuan kita membangun bisnis? Sebelum membangun bisnis, tentukan terlebih dahulu apa yang menjadi fokus utama membangun bisnis tersebut. Tujuan ini akan berpengaruh kepada konsumen hingga investor kedepannya. Tujuan yang kita pegang akan menjadi pertimbangan bagi konsumen dan investor.

Melodena memberikan contoh, jika kita fokus pada penyelesaian masalah dan ternyata gagal pada fokus tersebut, maka kita gagal pula dalam bisnis. Dikatakan gagal karena konsumen akan membeli produk jika mereka berpikir bahwa kita dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka alami.

  • Tetapkan nilai-nilai perusahaan

Tetapkanlah nilai-nilai yang akan diterapkan untuk bisnis kita nanti. Mungkin kita berpikir bahwa penerapan nilai-nilai perusahaan saat baru memulai bisnis, dirasa belum penting. Padahal hal ini sangat penting. Penerapan nilai-nilai harus mulai diterapkan pada saat berdirinya kantor.

Jangan lupa pula untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh orang yang tergabung dalam bisnis untuk ikut menerapkan nilai-nilai perusahaan saat bekerja. Sebagai pemimpin pun, kita harus memberikan contoh kepada karyawan kita dengan mengaplikasikan nilai-nilai perusahaan sehari-hari.

  • Membangun konsep produk dan target pasar

Perencanan produk, berupa barang atau jasa yang kita jual tentu harus memiliki konsep yang baik dan dapat bermanfaat bagi konsumen. Karena pada dasarnya orang akan menggunakan produk yang kita tawarkan jika produk tersebut memberikan manfaat dan membantu konsumen menyelesaikan masalahnya.

Yang harus kita pikirkan adalah tentukan konsep produk, tentukan target konsumen, lakukan survei pelanggan sebelum mengeluarkan produk, hingga memikirkan strategi marketing penjulan produk.

  • Beri nilai pada stakeholders

Tanyakan pada diri sendiri nilai apa yang akan kita berikan kepada stakeholders. Stakeholders di sini adalah karyawan, pelanggan, pemasok, distributor, pemegang saham, dan orang-orang yang ikut dalam bisnis.

Melodena menjelaskan, logika sederhana yang perlu diingat adalah jika biaya yang kita ambil lebih besar dibandingkan manfaat yang dirasakan oleh stakeholders, maka orang-orang akan pergi. Maka kita harus tetap menyeimbangkan keuntungan yang kita dapatkan dengan manfaat yang didapat oleh stakeholders.

Ada banyak hal yang dapat kita rencanakan dalam roadmap bisnis. Semua tergantung dengan seberapa besar bisnis yang akan dibangun. Roadmap bisnis akan membantu kita membangun bisnis dengan baik karena kita memiliki petunjuk arah dalam membangun bisnis tersebut. Walaupun tidak akan menghilangkan kegagalan membangun bisnis, setidaknya dengan adanya roadmap kita akan meminimalisir kegagalan atau mempersiapkan diri untuk kemungkinan permasalahan yang akan dihadapi. (Mar)

 

 

           



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More