Alasan Sulitnya Mencari Kerja Jaman Sekarang

(Sumber Gambar: http://elitebusinessmagazine.co.uk/cache/com_zoo/images/One%20in%20four%20jobseekers%20go%20off%20a%20brand%20after%20a%20poor%20recruitment%20experience%20-%20elitebusinessmagazine.co.uk_2a2554575a4aaf703b0eeeb10b99a0f9.jpg)

Bandung, ITB Career Center - Beberapa orang mengeluhkan sulitnya mencari kerja di jaman sekarang. Jika dahulu proses mencari pekerjaan begitu mudah, kini beberapa sistem baru menyulitkan kita mendapat pekerjaan. Sistem serba otomatis yang diterapkan perusahaan dalam mencari karyawan ternyata cukup menyulitkan bagi jobseeker.

Selain itu, ketatnya persaingan mencari kerja dituding menjadi salah satu alasan sulit mendapatkan pekerjaan jaman kini. Dikutip dari job-interview-site.com ada beberapa alasan sulitnya kaum milenial mencari kerja. Alasan-alasan tersebut, yaitu:

  • Lebih banyak job seekers dibandingkan lowongan pekerjaan

Alasan pertama sulitnya mencari kerja di jaman sekarang adalah meningkatnya jumlah job seekers yang tidak dibarengi dengan jumlah lowongan pekerjaan yang ada. Jumlah lowongan pekerjaan terus menurun, sedangkan jumlah job seekers terus meningkat. Maka, kita harus berlomba-lomba menarik perhatian perusahaan dengan kemampuan yang kita miliki.      

Sebagai job seekers kita harus lebih matang dalam mempersiapkan diri. Persiapan berupa mempersiapkan resume sebagus mungkin, mempersiapkan diri untuk wawancara dengan baik, hingga menggali lebih dalam informasi seputar perusahan. Dengan persiapan yang matang, kita akan menonjolkan diri kita dan menarik perhatian perusahaan lebih besar.

  • Perusahaan mencari kandidat terbaik

Dengan kondisi perekonomian kini, membuat perusahaan lebih ketat memilih calon karyawan dan akan memilih calon karyawan dengan kualifikasi tertinggi dari seluruh pendaftar. Perusahaan menginginkan kandidat terbaik untuk bekerja di perusahaannya. Perusahaan akan mencari karyawan yang sudah memiliki kemampuan dan pengalaman bekerja.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa sulit mencari kerja. Maka, sangat sulit kita mencari pekerjaan jika tidak memiliki tingkat pendidikan yang sesuai atau pengalaman bekerja bahkan untuk freshgraduate. Sekarang orang berlomba-lomba untuk meraih pendidikan tinggi dan pengalaman saat kuliah.

  • Teknologi gantikan manusia

Perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri berdampak pada jumlah pekerja pada suatu perusahaan. Semakin canggih teknologi yang digunakan oleh perusahaan, semakin sedikit pula karyawan yang dibutuhkan. Contohnya karyawan pabrik yang semakin lama semakin sedikit jumlahnya karena digantikan mesin. Jika dulu beberapa hal dapat dikerjakan manusia, kini perusahaan mengganti dengan mesin agar pengerjaannya lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Setelah mengetahui alasan sulitnya mencari pekerjaan, hal yang dapat kita lakukan adalah memantaskan diri sebaik mungkin. Kita harus satu langkah lebih depan dibandingkan job seekers lainnya dalam mempersiapkan diri. Kita pun harus lebih giat mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan. Dengan begitu, peluang mendapat pekerjaan pun akan semakin besar. (Mar)

           



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More