Benefit Membangun Bisnis saat Mahasiswa

(Sumber Gambar : https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20180629/eef3629901570673b506151bd0bd346f_600x400.jpg)

Bandung, ITB Career Center - Penelitian menyebutkan generasi milenial lebih suka bekerja sendiri dibandingkan harus bekerja di perusahaan orang lain. Milenial adalah generasi entrepreneur. Banyak orang yang semenjak mahasiswa sudah merintis bisnisnya masing-masing. Sehingga setelah lulus kuliah nanti, tidak mencari pekerjaan, tetapi mencari pekerja untuk bisnis yang sudah dibangun.

Banyak hambatan yang ditemui saat memulai bisnis, hal ini dapat disebabkan kurangnya modal bisnis, pengetahuan yang minim, keterampilan yang diperlukan dan kurangnya persiapan menghadapi resiko yang ada. Kebanyakan ide yang dihasilnya cukup baik tetapi tidak mengerti bagaimana mengaplikasikannya dalam bisnis.

Dikutip dari wealthygorilla.com, sebenarnya sebagai seorang mahasiswa, banyak keuntungan yang didapat saat kita memulai bisnis sedini mungkin. Berikut adalah tips efektif yang dapat dicoba untuk sukses bisnis di usia muda bagi seorang mahasiswa.

  • Miliki tekat yang kuat

Emosi dan suasana hati kita secara keseluruhan dapat memengaruhi pikiran dan tindakan kita. Anak muda terkadang masih kesulitan mengatur suasana hati dan emosi. Namun, jika memutuskan menjadi seorang entrepreneur, sesibuk apapun kita, sesulit apapun mengontrol emosi dan suasana hati, kita harus profesional dalam menjalankan. Kita harus memiliki tekad kuat dan komitmen untuk menjalani bisnis apapun rintangannya.

  • Buat jadwal

Menyeimbangkan kewirausahaan dan study bisa menjadi tantangan besar bagi mahasiswa. Kita tidak selalu memiliki cukup waktu untuk menjalankan keduanya. Bisnis yang kita lakukan tidak akan berkembang jika tidak ada waktu untuk fokus mengembangkannya.

Untuk menghindari hal tersebut, kita harus memiliki jadwal yang jelas. Buat agenda harian untuk memisahkan waktu antara bisnis dan study, sehingga keduanya akan berjalan beriringan. Jangan lupa untuk patuhi agenda yang telah dibuat agar setiap waktu yang kita miliki akan digunakan secara efektif. Contohnya kita dapat melakukan tugas studi pada siang hari dan fokuslah pada masalah bisnis di malam hari.

  • Selaraskan dengan keilmuan

Cobalah untuk menyelaraskan keilmuan kita dengan bisnis yang dijalani atau sebaliknya. Contohnya, jika kita seorang mahasiswa jurusan pemrograman komputer, kita dapat pikirkan bisnis yang berhubungan dengan hal tersebut, seperti membuat aplikasi seluler. Dengan begini pengetahuan yang dapatkan dari perguruan tinggi akan beguna untuk pengembangan start-up.

Selain itu, kita pun dapat ikuti pelatihan, kursus atau kegiatan tambahan dalam bidang pemasaran, kewirausahaan, atau mata kuliah lain yang terkait dengan ide bisnis yang kita miliki. Kegiatan tersebut akan memberikan lebih banyak latihan untuk mengasah keterampilan bisnis.

  • Memanfaatkan sumber daya kampus

Kita dapat manfaatkan setiap sumber daya yang ada, yang mungkin untuk memulai bisnis. Perguruan tinggi memiliki beberapa sumber yang dapat digunakan setiap mahasiswa secara gratis, seperti Wi-Fi gratis, bahan perpustakaan, dan ruang pertemuan. Belum lagi kita dapat meminta saran dosen dan teman-teman alumni yang tentunya akan memberikan ilmu yang banyak mengenai hal yang kita cari. Sedangkan orang lain, secara profesional, harus menghabiskan banyak uang untuk hal tersebut.

  • Ikuti magang

Dengan mengikuti magang, kita akan memiliki pengalaman untuk belajar mengenai dunia kerja. Ilmu yang didapat saat magang tentu dapat kita aplikasikan di bisnis kita. Contohnya belajar bekerja di kantor, berinteraksi dengan rekan kerja hingga menangani pelanggan atau klien.

Keuntungan lainnya adalah kesempatan terbaik untuk membangun jaringan kontak. Kita akan bertemu pengusaha yang berpengalaman, alumni yang sukses, dan rekan kerja dengan minat yang sama. Itu bukan hanya menjadi sumber motivasi. Kita dapat berdiskusi dan meminta saran secara gratis untuk belajar.

Membangun bisnis pada saat berkuliah sebenarnya memberikan keuntungan sendiri bagi kita. Kita dapat mengikuti beberapa tips di atas agar memaksimalkan perkembangan bisnis walaupun kita masih berstatus mahasiswa. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More