Selesaikan Masalah Tanpa Masalah untuk Startup

(Sumber Gambar : https://bbvaopen4u.com/sites/default/files/styles/big-image/public/img/new/bbva-open4u-statup.jpg?itok=JjHnvHP-)

Bandung, ITB Career Center – Kemampuan penyelesaian masalah merupakan hal penting bagi stratup. Pemilik startup harus dapat menyelesaikan masalah yang muncul dengan cepat dan tepat. Apalagi, untuk menuju kesuksesan pasti kita menghadapi tantangan dan permasalahan yang tidak sedikit. Permasalahan yang muncul biasanya berhubungan dengan kinerja karyawan, ketegangan di tempat kerja, masuknya masalah pribadi, hingga keuangan yang tidak stabil.

Dengan memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik, tentu masalah yang ada tidak akan menjadi rintangan berarti bagi perkembangan perusahaan. Yang salah adalah jika masalah-masalah tersebut dibiarkan berlarut-larut dan menimbulkan masalah yang lebih besar dikemudian hari.

Asisten Profesor Entrepreneurship asal Oklahoma State University, Per Bylund mengatakan, tidak ada penyelesaian yang sederhana. Tetapi, ada cara berpikir yang dapat membantu perusahaan menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Dikutip dalam artikelnya di entrepreneur.com, ada beberapa hal yang harus dipikirkan sebelum kita membuat keputusan dalam menyelesaikan masalah.

  • Prioritas Penyelesaian

Pertama adalah menyusun prioritas penyelesaian masalah. Terkadang permasalahan muncul bersamaan. Di sini kita harus membuat prioritas masalah mana yang akan diselesaikan terlebih dahulu. Pilih permasalahan yang paling mendesak dan menyangkut banyak hal. Buat list prioritas agar kita fokus memikirkan satu persatu permasalahan.

  • Konsumen utama

Kedua adalah berhubungan dengan konsumen. Peran perusahaan dalam ekonomi sederhana adalah untuk menghasilkan nilai bagi konsumen. Setiap keputusan yang diambil dalam menyelesaikan permasalahan, tentu harus memikirkan dampaknya bagi konsumen. Perusahaan harus memastikan kosumen tetap merasa aman, nyaman dan bernilai. Jika suatu penyelesaian masalah akan membuat pelanggan kita lebih baik, maka lakukanlah, bahkan jika perusahaan tidak mendapatkan manfaat secara langsung.

  • Tahapan penyelesaian

Saat berhadapan dengan masalah ada beberapa tahapan yang sebaiknya dilakukan sebelum memutuskan solusi. Pertama adalah hadapi masalah, artinya saat diterpa masalah jangan sekali-kali menghindar dari permasalahan itu. Yang kita lakukan adalah menghadapi dan mempelajari masalah yang muncul.

Langkah kedua adalah kupas permasalahan. Di sini kita pelajari permasalahan secara mendalam untuk menemukan berbagai solusi yang memungkinkan untuk menyelesaikan masalah. Keputusan yang diambil harus mempertimbangkan berbagai hal. Seluruh jalan penyelesaian harus dipikirkan bagaimana dampaknya bagi perusahaan.

Langkah terakhir adalah mengaplikasikan solusi. Tentukan solusi terbaik dan buat keputusan. Jalankan penyelesaian masalah dengan benar sesuai rencana awal. Fokus pada penyelesaian masalah agar masalah dapat terselesaikan dengan baik.

Permasalahan akan selalu ada. Jika kita dapat melalui setiap masalah, permasalahan-permasalahan yang ada ini akan membuat perusahaan kita lebih kuat dan lebih sukses. Yang utama adalah menemukan penyelesaian mana yang akan membantu menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More