Temukan Passion Diri Mulai Sekarang

(Sumber Gambar : https://www.midasindia.net/wp-content/uploads/2018/08/How-to-find-your-passion-MIDAS-1.jpg )

Bandung, ITB Career Center - Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion adalah impian banyak orang. Passion sendiri diartikan sebagai sesuatu yang kita sukai dan tidak merasa terbebani menjalaninya. Dengan kata lain, jika memiliki pekerja sesuai passion, pekerjaan akan terasa menyenangkan. Untuk itu, sebelum mencari pekerjaan, tentukan terlebih dahulu passion yang kita miliki.    

Walaupun begitu, menemukan passion pun tidak mudah. Banyak orang yang bahkan tidak mengetahui passionnya. Banyak pula yang terjebak pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion karena terlambat mengetahui passion itu sendiri. Dikutip dari huffpost.com, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan passion diri.

  • Lakukan banyak hal

Jika kita masih belum mengetahui bidang apa yang kita sukai, kita bisa mencoba melakukan beberapa hal yang menarik. Kita dapt mulai mencoba beberapa bidang dan merasakan bidang mana yang paling kita sukai. Lakukan beberapa hal, sehingga kita memiliki beberapa pilihan yang paling kita sukai. Jika sudah menemukan bidang yang disukai, kita fokus dan lebih memperdalam bidang tersebut.

  • Jujur pada diri sendiri

Beberapa orang mengalami salah masuk jurusan saat kuliah. Artinya kita baru merasa bahwa jurusan yang kita ambil tidak sesuai dengan minat kita. Hal ini berdapak pada pekerjaan yang kita ambil. Pekerjaan yang ada akan sesuai dengan latar belakang pendidikan kita, tentu akan kesulitan menjadi bidang lain dengan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Akan tetapi, hal ini tidak bisa membuat kita terjebak, buat pilihan dan jujur pada diri sendiri. Jika di rasa bidang yang kita ambil tidak sesuai dengan passion, mulai keluar dari hal tersebut. Tidak ada kata terlambat untuk memilih. Dibandingkan harus berada pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat, tentu pekerjaan tersebut tidak akan dijalankan dengan senang hati. Kembali lagi pada diri sendiri, untuk memilih dan jujur pada keinginan.

  • Fokus

Passion ditemukan jika kita mengenal diri kita, mengenal apa yang sebenarnya kita inginkan. Passion tidak ditemukan dengan cara meniru passion orang lain. Jangan sampai kita sekedar meniru teman atau hanya mengikuti lingkungan sekitar. Maka fokus pada diri sendiri, tentukan passion berdasarkan apa yang kita minati.

Tips di atas dapat membantu kita menemukan passion. Semakin cepat kita menemukan passion, semakin baik. Sehingga kita dapat menekuni passion ini lebih lama. Tentu akan sangat menyenangkan jika pekerjaan yang kita lakukan sesuai passion, pasti kita akan senang hati menjalaninya. (Mar)

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More