Percaya Diri Hadapi Hari Pertama Kerja

(Sumber Gambar : https://www.qerja.com/journal/wp-content/uploads/shutterstock_209477656edit-5637366491f58.jpg)

Bandung, ITB Career Center - Menghadapi hari pertama kerja pasti menimbulkan rasa gugup bagi kita. Gugup bisa terjadi karena kita akan berada di tempat baru, suasana baru dan bertemu dengan orang baru saat bekerja nanti. Hari pertama bekerja tentu harus dipersiapkan dengan baik, karena di sini adalah awal kita meniti karir.

Dikutip dari Fdmgroup.com, FDM's New York Professional Skills trainer and Academy Administration Manager, Tracy Panford, mengatakan hari pertama kerja sangat penting untuk kita. Di sini orang akan mulai menilai seberapa profesional kita dalam bekerja, seberapa besar antusias terhadap pekerjaan dan seberapa besar keinginan kita untuk belajar di perusahaan ini.

Untuk tampil maksimal di hari pertama kerja, Fdmgroup.com memberikan beberapa trik yang dapat membantu kita meredakan gugup yang kita alami saat pertama kali bekerja dan membantu kita memulai pekerjaan dengan nyaman.

  • Tepat Waktu

Tepat waktu pada hari pertama kerja adalah hal utama. Di sini artinya kita datang sebelum waktu bekerja dimulai, yaitu datang lebih cepat. Biasanya keterlambatan terjadi karena kita belum mengetahui rute menuju tempat bekerja. Maka, pelajari rute menuju tempat bekerja, beserta waktu kemacetannya, sehingga kita dapat memperkirakan waktu perjalanan yang pas.

  • Persiapan Matang

Kita akan merasa nyaman pada hari pertama bekerja jika kita melakukan persiapan yang matang. Salah satunya mempersiapkan barang-barang apa saja yang akan dibawa saat bekerja. Persiapkan hingga hal terkecil, seperti buku catatan dan pulpen. Selain barang yang akan dibawa, kita pun dapat mempersiapkan mental terlebih dahulu. Persiapan mental misalnya mempelajari pekerjaan yang akan kita lakukan nantinya, kita dapat mencari informasi tersebut melalui internet atau buku. Sehingga kita akan mudah menjalani pekerjaan di hari pertama dengan baik.

  • Bersosialisasi

Di hari pertama kerja kita dapat mulai menyapa rekan bekerja. Kita dapat mulai terlibat dalam kegiatan yang ada dan antusias pada pekerjaan. Untuk memberikan kesan yang baik, kita dapat memperkenalkan terlebih dahulu diri kita pada rekan-rekan kerja. Jangan lupa memperkenalkan diri dengan sopan dan ramah. Jangan takut pula untuk berkenalan dan menyapa orang lain.

Selain itu, kita dapat bertanya pada rekan bekerja atau atasan mengenai hal yang kita tidak mengerti. Bertanya adalah hal wajar sebagai orang baru, maka jangan sungkan untuk bertanya dan mengklarifikasi hal-hal yang belum dimengerti. Dengan bertanya, orang akan menihat antusias kita dalam bekerja nanti.

  • Berpakaian yang Tepat

Setiap perusahaan memiliki aturan berpakaian masing-masing. Kita dapat bertanya terlebih dahulu mengenai pakaian seperti apa yang sesuai dengan aturan perusahaan. Jika tidak mendapatkan informasi tentang hal itu, kita dapat menggunakan pakaian formal pada hari pertama bekerja. Hal ini penting untuk dipersiapkan, karena berpakaian rapih dan sesuai aturan akan memberikan first impression yang baik untuk kita.

Tips di atas dapat kita terapkan untuk menghadapi hari pertama kerja dengan baik. Selain itu, hal yang tidak kahal penting adalah menjadi diri kita sendiri. Selalu ingat bahwa kita mendapatkan pekerjaan ini berdasarkan usaha dan kemampuan yang kita miliki. Bersikap percaya diri dan menjadi diri sendiri adalah kunci keberhasilan dalam bekerja. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More