Improve Kemampuan Komunikasi untuk Bekerja

(Sumber Gambar : https://marketing.co.id/wp-content/uploads/2016/05/melayani-dengan-komunikasi.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Salah satu kemampuan yang penting dalam mencari kerja adalah kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi yang baik sering menjadi kriteria dasar yang harus dimiliki oleh pelamar saat mencari pekerjaan. Hal ini penting, karena kita akan berinteraksi dengan banyak orang saat bekerja nanti dan tentu kegiatan komunikasi penting untuk melakukan interaksi di kantor.

Kemampuan komunikasi bukan hanya tentang berbicara yang baik di depan umum, kemampuan ini meliputi berbicara, mendengarkan dan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan komunikasi. Walaupun bagi sebagian orang kemampuan ini cukup sulit dilakukan, dikutip dari goalcast.com, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang kita miliki.

  • Mengetahui Lawan Bicara

Hal yang pertama kali dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi adalah mengetahui dengan siapa kita akan berkomunikasi. Hal yang diketahui adalah bagaimana kepribadiannya, apa jabatannya,dan bagaimana emosinya, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap efektivitas komunikasi yang terjalin. Dengan mengetahui lawan bicara, kita bisa mengetahui komunikasi dengan penyampaian seperti apa yang akan diterima oleh lawan bicara kita.

  • Perhatikan Body Language

Body language sering terabaikan oleh banyak orang, padahal hal ini merupakan bagian dari komunikasi. Body language dapat mendukung komunikasi yang kita lakukan karena secara otomatis akan menunjukan bagaimana ekspresi kita saat berkomunikasi. Sehingga perasaan akan tersampaikan kepada lawan bicara.

Salah satu body language yang dilakukan saat melakukan komunikasi adalah kontak mata. Tatap lawan bicara dengan seksama saat berkomunikasi, hal ini menunjukan kita memperhatikan lawan bicara dengan baik. Jangan pula berlebihan dalam berekspresi, karena hal ini justru tidak baik.

  • Tenang dan Jangan Takut

Hal yang membuat kita takut berkomunikasi adalah feedback yang diberikan lawan bicara kepada kita. Ketakutan lawan bicara menghakimi perkataan kita, kesalahan bicara, dan hal memalukan lainnya. Mulai sekarang, hentikan pemikiran negatif seperti itu. Berpikir tenang, karena sebenarnya lawan bicara tidak akan memperhatikan sedetail itu. Jika kita terlalu banyak berpikir negatif, itu justru akan mengganggu konsentrasi kita saat berkomunikasi.

  • Belajar Mendengarkan

Mendengarkan adalah hal penting dalam berkomunikasi. Karena dalam komunikasi terdapat proses interaksi dan bertukar pesan. Jadi, tidak hanya menyampaikan pesan, tetapi kita pun menerima pesan dari lawan bicara. Dengan mendengarkan lawan bicara, mereka akan merasa kita hargai dan tentu komunikasi akan berjalan lancar.

Empat hal tersebut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Berbicara dan mendengarkan yang baik merupakan kemampuan komunikasi yang diinginkan oleh perusahaan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tentu kita tidak akan kesulitan menarik perhatian perusahaan untuk menerima kita bekerja di perusahaannya. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More