Kiat Negosiasi Gaji Saat Melamar Kerja

(Sumber Gambar : https://asset.kompas.com/crop/0x0:1000x667/750x500/data/photo/2017/11/22/595175714.jpg)

Bandung, ITB Career Center - Negosiasi gaji saat wawancara penerimaan kerja cukup menjadi dilema bagi sebagian orang. Apalagi jika muncul pertanyaan jumlah gaji yang kita minta pada perusahaan saat wawancara. Dilema muncul jika kita membayangkan bagaimana tanggapan perusahaan jika kita melakukan negosiasi gaji, apakah mereka setuju atau malah memberikan tanggapan negatif.

Banyak orang yang memilih melewatkan kesempatan ini dan menerima gaji yang ditawarkan oleh perusahaan secara langsung. Jika gaji yang sudah ditawarkan sesuai, tentu tidak masalah. Jika tidak, maka lakukan negosiasi. Negosiasi gaji ini bukan hal yang salah asalkan penyampaiannya benar. Negosiasi gaji dirasa penting karena merupakan satu-satunya cara agar kita mendapatkan gaji sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Dikutip dari moneyunder30.com, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar negosiasi dapat berjalan lancar dan aman tanpa menyebabkan kedua belah pihak menjadi canggung.

  • Sisikan Waktu Secukupnya

Negosiasi ini dapat dilakukan secara singkat dan jelas. Tidak perlu bertele-tele apalagi memberikan penjelasan yang berlebihan. Cukup minta rincian gaji, tunjangan, bonus, uang lembur atau fasilitas apa yang akan kita dapatkan saat bekerja nanti. Jika dirasa kurang sesuai, kita bisa memberikan masukan perkiraan gaji yang sesuai. Negosiasi ini akan memperlihatkan kepada perusahaan bawa kamu memiliki kemampuan yang baik dan layak mendapatkan gaji yang terbaik pula.

  • Cari Informasi Seputar Posisi Tersebut

Sebelum bernegosiasi mengenai gaji yang diinginkan cari informasi sebelumnya mengenai perusahaan, posisi yang dilamar dan standar gaji yang diberikan kepada karyawan. Pengumpulan informasi ini sangat penting agar kita memiliki landasan yang kuat untuk bernegosiasi jika gaji yang diberikan tidak sesuai dengan standar yang ada.

  • Yakin Jika Kita Benar-benar Layak

Hal terakhir yang tidak kalah penting dari negosiasi gaji adalah berikan penjelasan kepada perusahaan mengapa kita berhak bertanya mengenai gaji. Beri penjelasan kepada perusahaan mengenai prestasi, penghargaan, pengalaman hingga kualifikasi yang kita miliki yang dapat menguntungkan perusahaan.

Tips tersebut dapat kita dilakukan agar kita dapat bernegosiasi dengan baik kepada perusahaan. Bernegosiasi tidak berarti kita meminta lebih kepada perusahaan tanpa dasar. Seorang profesional akan percaya diri dan tidak hanya meminta, akan tetapi memberikan hasil yang terbaik bagi perusahaan. (Mar).



Komentar



Return to previous page Total view : 274
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More