Kriteria Calon Karyawan Favorit Astra Daihatsu Motor

Novi Lekwandi dalam Alumni Sharing dalam acara Seminar Astra Daihatsu : One Step Closer With Astra Daihatsu Motor yang dilaksanakan pada Sabtu (23/3/2019). Novi merupakan Division Head Astra Daihatsu Motor sekaligus Alumni ITB Teknik Mesin angkatan 1988. (Dok. ITB Career Center/Mar)

Bandung, ITB Career Center- Memiliki IPK yang baik merupakan salah satu hal yang dilihat oleh perusahaan saat mencari karyawan. Akan tetapi, IPK bukan satu-satunya faktor penentu seseorang diterima tidaknya oleh perusahaan. Ada beberapa hal yang harus dimiliki calon karyawan jika ingin menjadi bagian dari suatu perusahaan.

Astra Daihatsu Motor memiliki beberapa skill dan kompetensi yang menjadi faktor seseorang dapat bersaing di perusahaan produsen mobil terkemuka di Indonesia ini. Hal ini disampaikan oleh Division Head Astra Daihatsu Motor, Novi Lekwandi dalam Alumni Sharing dalam acara Seminar Astra Daihatsu : One Step Closer With Astra Daihatsu Motor yang dilaksanakan pada Sabtu (23/3/2019).

Alumni ITB Teknik Mesin angkatan 1988 ini membagikan tujuh kompetensi yang bermanfaat dan gambaran bidang apa yang cocok diisi oleh lulusan teknik di Astra Daihatsu Motor. Ini pun bisa dikatakan sebagai kriteria calon karyawan yang disukai oleh perusahaan.

“Agar dapat bersaing di dunia kerja, di ADM (Astra Daihatsu Motor) sendiri ada beberapa skill dan kapabilitas yang sangat bermanfaat di dunia kerja, selain IPK tentunya. Karena untuk mendapatkan IPK pun yagn kita butuhkan adalah kerja keras,” jelas Novi.

Pertama adalah pengalaman organisasi. Novi mengatakan untuk menjadi mahasiswa unggul dan dapat bekerja dengan baik, ‎pengalaman organisasi sangatlah penting. Menurutnya, pengalaman yang didapat dalam organisasi ini akan sangat membantu dalam dunia kerja. Di organisasi, kita dilatih untuk komunikasi, leadership dan teamwork, itu adalah tiga hal penting dalam dunia kerja.

“Saat diwawancara itu hal yang pasti ditanyakan. Pengalaman organisasi, keaktifan, bagaimana kita menyelesaikan masalah di organisasi dan keaktifan kita dalam organisasi,” ujarnya.

Kedua adalah bahasa asing terutama bahasa Inggris. Kemampuan ini dibutuhkan dalam keseharian saat bekerja di Astra Daihatsu Motor. Perusahan asal Jepang ini seringkali mengharuskan karyawan persentasi di depan orang-orang Jepang menggunakan bahasa Inggris. Ketiga adalah kemampuan menyetir mobil (memiliki sim A). Mengapa kemampuan menyetir penting? calon karyawan favorit pada dasarnya mandiri, dengan mampu berkendara kita akan lebih mandiri dan mudah untuk mobile.

Hal keempat adalah masa kuliah yaitu tidak lebih dari lima tahun untuk S1 atau empat tahun bagi D3. Novi mengatakan lamanya kita menyelesaikan studi di perguruan tinggi dapat memperlihatkan kemampuan managemen waktu dan penyelesaian tugas kuliah. Hal ini dapat memperlihatkan seberapa lama kita menyelesaikan tugas saat bekerja.

“Itu menunjukan temen-teman dalam mengejar target. Kita perusahaan yang memiliki banyak konsumen. Waktu kita tidak banyak dan mereka menunggu,” jelas Novi.

Kelima adalah mempunyai aktifitas lain saat kuliah. Novi mengakatan tidak hanya organisasi, memiliki aktifitas lain seperti bekerja atau berbisnis saat kuliah ternyata dapat menjadi nilai plus. Seseorang yang bekerja keras seperti ini dipandang memiliki semangat tinggi dalam mengapai tujuan hidup. Keenam adalah technical skill artinya kemampuan-kemampuan lain di luar bidang yang sebenarnya membantu pekerjaan, seperti kemampuan menggunakan komputer dan lainnya.

Terakhir adalah memahami situasi. Fleksibilitas tinggi mengikuti aturan perusaahaan menurut Novi merupakan salah satu faktor saat bekerja di Astra Daihatsu Motor. Sebagai karyawan, kita memang dituntut untuk selalu siap mengikuti perintah atasan, termasuk penempatan pekerjaan.

Selain menjabarkan skill dan kompetensi yang penting dimiliki calon karyawan favorit Astra Daihatsu Motor, Novi pun memberikan gambaran bidang apa yang cocok diisi oleh lulusan teknik di Astra Daihatsu Motor. Untuk mechanical & electrical engineering, dapat masuk ke costumer stastifiction and value chain, technical services, service parts, export import, research and development, purchasing, quality assurance, production engineering, production (painting, welding body, assembly dan lainnya), maintenance dan quality control.

Untuk lulusan chemical engineering, dapat masuk ke service part, export import, research and development, purchasing, quality assurance, production engineering, production (painting). Untuk bidang physics engineering dapat masuk ke service parts, export import, purchasing dan, production (painting, welding dan assembly).

Untuk Lulusan Industrial engineering, dapat masuk service part, export import, purchasing, production (assembly), human resources, internal audit and risk mgt, corporate planning dan productin control and logistic. Untuk lulusan material engineering dapat masuk export import, research and development, purchasing, quality assurance, production (die cating and molding, press).

“Pabrik menjadi tempat berkembang temen-teman selain perguruan tinggi. Kalau ini (ketujuh skill dan kompetensi) dipenuhin dan pada bidang yang tepat, kita sebagai karyawan dapat menyesuaikan diri dengan cepat di perusahaan,” tutup Novi. (Mar)



Komentar



Return to previous page Total view : 526
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips