Ubah Mindset Mu dan Raih Kesuksesan

(Sumber Gambar : https://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2019/01/21/ilustrasi-orang-sukses-20180811-175933-5c45a49f12ae944a59356912.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Memiliki karir yang cemerlang bahkan menjadi seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan pastinya menjadi impian banyak orang. Banyak hal yang dilakukan untuk menggapai cita-cita tersebut, seperti terus mengasah kemampuan diri, mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya, dan lainnya. Apapun dilakukan untuk selalu mengembangkan diri.

Seorang penulis terkenal asal Amerika Serikat, Napoleon Hill, yang banyak menulis buku mengenai karir dan kesuksesan, berkata bahwa untuk mendapatkan kesuksesan, tidak hanya pengembangan diri berupa peningkatan skill yang menjadi fokus, tetapi pemikiran akan kesuksesan pun harus selalu diperbaharui.

Napoleon Hill merupakan penulis buku yang berfokus pada pengembangan diri, motivasi, dan kesuksesan pribadi. Salah satu bukunya yang terkenal adalah Think and Grow Rich (1937). Buku ini merupakan buku terlaris sepanjang masa. Banyak pemikirannya dalam buku tersebut yang dikutip oleh orang-orang di seluruh dunia. Karya-karya Napoleon Hill berhubungan dengan kekuatan dan keyakinan pribadi dalam meraih kesuksesan. Seperti yang dikutip dari Menprovment.com, berikut adalah beberapa pemikiran Napoleon Hill yang dapat kita pelajari untuk menuju kesuksesan.

1. Bekerja Sebaik Mungkin, Kesuksesan Mengikuti

The man who does more than he is paid for will soon be paid for more than he does.” - Napoleon Hill

Pemikiran Napoelon tersebut mengingatkan kita untuk terus memberikan yang terbaik saat bekerja. Terkadang kita berpikir untuk bekerja sesuai dengan bayaran yang kita terima. Kita hanya berpatok pada hal tersebut, sehingga lupa memberikan yang terbaik pada pekerjaan. Yang benar adalah, lakukan pekerjaan lebih baik dibandingkan orang lain, dan lakukan pekerjaan lebih semangat dibandingkan yang lain.

Tanpa disadari, kesuksesan akan mengikuti tanpa perlu dikejar. Jika orientasimu mengenai kesuksesan adalah pemasukan, dengan terus memberikan yang terbaik, secara otomatis pemasukanmu pun akan meningkat mengikuti.

2. Pengorbanan untuk kesuksesan

Great achievement is usually born of great sacrifice and is never the result of selfishness.” – Napoleon Hill

Kesuksesan adalah sebuah keputusan. Keputusan seseorang untuk berusaha dengan baik. Napoleon Hill mengatakan, kesuksesan lahir dari sebuah pengorbanan. Pengorbanan di sini adalah usaha yang kita lakukan mulai dari sekarang, waktu yang kita habiskan untuk belajar, hingga materi yang kita keluarkan untuk terus bebenah diri.

Jangan hitung pengorbanan yang telah kita lakukan. Terkadang seseorang bisa pamrih terhadap dirinya sendiri. Hal yang harus dilakukan adalah mengubah pemikiran tersebut. Selain itu mengubah pemikiran kita tentang arti pengorbanan, pengorbanan yang dapat kita lakukan untuk meraih kesuksesan adalah merubah hidup. Tinggalkan aktifitas yang merugikan. Perubahan kecil pada aktifitas yang kita lakukan, akan sangat berpengaruh untuk kesuksesan kita kelak.

3. Hati-hati dalam berkata

Think twice before you speak, because your words and influence will plant the seed of either success or failure in the mind of another.” – Napoleon Hill

Kata-kata yang kita ucapkan sedikit banyak dapat memberikan sugesti kepada diri. Kita akan menjadi apa yang kita pikirkan. Jika kita berpikir bahwa kita adalah seseorang yang kuat menghadapi tantangan, maka otak akan merespon dan menjadikan kita sekuat apa yang kita pikirkan. Kata-kata sangat berpengaruh terhadap pemikiran kita. Maka, berkata-katalah yang baik agar dampak ditimbulkan pun baik untuk diri sendiri.

Terkadang kita terbentur dengan pemikiran kita yang sempit akan sebuah kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan kita harus membuka pikiran lebih luas dan harus siap berubah untuk lebih baik. Napoleon Hill mengajarkan kepada kita bahwa sebenarnya kesuksesan tidak hanya dipengaruhi oleh perilaku saja, akan tetapi konseppemikiran tentang meraih kesuksesan itu sendiri. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More