Manfaatkan Teknologi untuk Kembangkan Bisnis Mu!

(Sumber Gambar : https://2.bp.blogspot.com/-zb5Sp9emPU8/VLdaN9-XibI/AAAAAAAAAIM/P-tSwUVbl-s/s320/modal-bisnis-online.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Perkembangan teknologi berdampak pada berbagai bidang, salah satunya bisnis. Teknologi informasi dan komunikasi memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam berbisnis. Kini kita tidak harus terpaku pada satu tempat untuk menjalankan bisnis, kita dapat menjalankan bisnis dimanapun dan kapanpun.

Banyak keuntungan yang akan didapat jika kita menerapkan teknologi dalam bisnis. Seorang penulis, Brenda Berg, seperti yang dirilis oleh motivationgrid.com, mengatakan ada beberapa keunggulan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh kita dalam berbisnis, yaitu dapat memperluas koneksi bisnis dan memiliki fleksibilitas waktu serta tempat bekerja.

Teknologi memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan siapapun dan di manapun. Misalnya, kita dapat membuka online shop di media sosial dan memanfaatkan media sosial tersebut untuk berinteraksi dengan konsumen. Dengan media sosial ini, konsumen yang datang dapat berasal dari berbagai tempat.

Brenda mengatakan, media sosial dan website merupakan salah satu kemajuan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Di sini, kita dapat mengatur media sosial dan website tersebut, agar dapat memudahkan konsumen mencari apa yang dibutuhkan. Cantumkan data harga hingga kalkulasi harga, yang dapat membantu konsumen dan beri kemudahaan bertransaksi dengan kita.

Selain dapat memperluas koneksi bisnis, kita pun memiliki fleksibilitas waktu bekerja. Bekerja di kantor dengan aturan jam kerja yang ketat mungkin tidak cocok untuk sebagian orang. Dengan adanya teknologi informasi, kini kita dapat bekerja tanpa ikatan waktu yang terlalu ketat. Kita dapat mengatur waktu berbisnis. Kita juga dapat bekerja di mana pun sehingga ini akan mengurangi biaya operasional.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai fleksibilitas waktu dan tempat, pertama, memastikan dokumen yang dibutuhkan dapat diakses dengan baik di manapun kita pergi. Kedua, memastikan bahwa kita akan tetap fokus walaupun bekerja di luar kantor. Ketiga, memastikan peralatan penunjang pekerjaan telah dipersiapkan dengan baik, misalnya untuk bekerja secara fleksibel jangan lupa persiapkan leptop, pengisi daya dan hal lainnya.

Walaupun memiliki fleksibilitas waktu, bekerja menggunakan internet membuat kita tanpa sadar melayani konsumen 24 jam. Untuk menghindari hal tersebut, kita dapat membuat waktu bekerja. Artinya, walaupun kita dapat bekerja di mana saja dan kapan saja, kita tetap harus memiliki waktu untuk beristirahat.

Dengan adanya teknologi, kini kita tidak terpaku menjalankan bisnis hanya di satu tempat. Kita bisa mengatur dan memanfaatkan waktu dengan lebih baik untuk hal lain tanpa menelantarkan bisnis. (MAR)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More