UNIQLO: Generasi Muda Indonesia Menggapai Karier dan Masa Depan Cemerlang Bersama Perusahaan Multinasional



Memasuki lapangan kerja tidak selalu mudah untuk semua orang. Bahkan bagi mereka yang telah meraih gelar sarjana dengan nilai tinggi, karier yang cemerlang tidak selalu berarti sudah di genggaman, apalagi jabatan tinggi serta gaji yang tinggi.


Ada orang-orang tertentu yang beruntung bisa meniti karier sesuai minat, tetapi ada baiknya pula untuk selalu membuka diri pada berbagai kesempatan, termasuk yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Sebagai bagian dari misi korporasi untuk menjadi panutan dan pemberdaya masyarakat melalui busana LifeWear yang dihadirkan UNIQLO dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), retailer busana global asal Jepang, UNIQLO, membuka kesempatan kerja untuk posisi lulusan baru sepanjang tahun.

Di antara beberapa posisi dan program khusus, UNIQLO menghadirkan program UNIQLO Manager Candidate (UMC) yang terbuka bagi lulusan baru, dan profesional muda berusia 21-30 tahun dengan pengalaman 1-5 tahun. Program ini adalah komitmen UNIQLO untuk mempersiapkan lulusan perguruan tinggi menjadi pemain kunci dalam ekspansi UNIQLO di Asia, dengan tanggung jawab untuk menjalankan bisnis toko bernilai jutaan, juga mengelola dan membangun tim besar yang beranggotakan orang-orang berbakat.

UMC pertama kali digelar di Indonesia pada 2012, ketika UNIQLO mempersiapkan pembukaan toko pertamanya di Lotte Shopping Avenue pada tahun 2013. Salah satu kandidat UMC yang sukses adalah Rheza Rahardi yang direkrut dari angkatan ke-dua UMC. Ia mulai tertarik bekerja sebagai manajer toko sewaktu mengikuti kegiatan UNIQLO di Institut Teknologi Bandung (ITB) tempat dia belajar desain interior. “Sebuah sesi dengan UNIQLO di ITB memberi saya pengetahuan bahwa pentingnya peran manajer toko tidaklah sebatas menjalankan dan mengoperasikan toko, tetapi ada juga kesempatan untuk terlibat dalam memecahkan masalah yang lebih besar di perusahaan, sehingga terus tumbuh sebagai professional,” kata Rheza.


Foto 1. Rheza Rahardi, kandidat angkatan ke-dua UMC yang mengikuti kegiatan UNIQLO di ITB

Program UNIQLO Manager Candidate juga meliputi sejumlah misi untuk dijalankan para manajer toko, misalnya analisis bisnis, bertindak cepat, sebagai penyelia, serta pelatihan dan pengembangan staf. Ini adalah beberapa kunci yang menjadikan UMC milik UNIQLO sebuah program luar biasa untuk membangun dasar keterampilan manajerial yang kuat.

Menjabat Area Manager pada saat ini, Rheza mengatakan bahwa tantangan terberat yang harus dihadapinya saat menjadi kandidat manajer toko (sekarang disebut UMC) adalah melakukan pekerjaan dasar mulai dari membersihkan, mengisi kembali produk pada display, menjaga kasir, menjaga kamar pas dan berbagai tugas operasional lainnya,” Rheza mengenang.

Lulusan baru yang hampir tidak tahu apa-apa tentang bisnis ritel, juga dianjurkan untuk melamar kerja melalui UMC, terutama karena program ini memberi pengalaman manajemen yang sesungguhnya di awal karier bagi para lulusan baru atau profesional muda. Untuk pemuda Indonesia yang ingin mengikuti UMC, UNIQLO akan segera kembali menggelar UMC di Jakarta, Yogyakarta, Malang dan Medan pada 2019.

UMC kali ini adalah batch ke-8 sejak pertama kali diadakan pada 2012. UMC, program manajerial yang luar biasa dengan standar global. Kehadiran UNIQLO di 21 negara dengan lebih dari 2000 toko di dunia memastikan karier seseorang terus berkembang tanpa batas. Anda yang tertarik mengikuti program ini dapat menghadiri Job Fair selanjutnya yang dijadwalkan pada 13 - 14 Februari di Yogyakarta, 13 - 14 Maret di Medan dan 20 - 21 Maret di Malang. Pendaftar yang tidak dapat menghadiri Job Fair dan berminat mengikuti UMC juga dapat mengajukan lamaran melalui link berikut : http://bit.ly/umc-jkt .

Kandidat yang lolos seleksi tahap awal akan diundang mengikuti UMC company session berikutnya yang dijadwalkan sebagai berikut: Yogyakarta, 15 Februari; Jakarta, 20 - 22 Februari; Malang, 22 Maret dan Medan, 10 April.




Komentar



Return to previous page Total view : 338
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More