Pentingnya Passion dalam Karir Menurut PT Djabesmen Co.

Plant Director PT DjabesmenBenny Hasnuddin saat memberikan pengarahan kepada para pelamar sebelum pelaksanaan tes psikologi di Galeri Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung pada Senin (28/1/2019). (Dok. ITB Career Center/Maryam)

Bandung, ITB Career Center – Passion merupakan hal yang penting. Sebelum menentukan karir, ada baiknya kita mengetahui apa passion kita. Hal ini disampaikan oleh Plant Director PT Djabesmen, Benny Hasnuddin saat ditemui di sela-sela proses rekrutmen Djabesmen Co di Galeri Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung pada Senin (28/1/2019).

Djabesmen Co. membuka kesempatan program Managemen Trainee (MT) bagi fresh graduate batch VI tahun 2019. Ada beberapa tahap rekrutmen, diantaranya tes psikologi dan interview. Benny mengatakan perusahaan mencari orang-orang yang benar-benar memiliki passion (minat) sesuai dengan perusahaan tempatnya bekerja. Menurutnya, jika seseorang memiliki passion dalam pekerjaannya, pekerjaan tersebut akan dilakukan dengan maksimal. Pada program MT Djabesmen Co. passion ini dapat terlihat pada tahapan tes psikologi dan interview saat proses rekrutmen.

Interview dan psikotes dilakukan untuk mengetahui passion dan motivasi pelamar. Cocok tidak dengan perusahaan kita. Kita adalah perusahaan bahan bangunan, jadi jangan bayangkan kerja pake dasi pake jas, bukan. Di sini adalah perusahaan bahan bangunan ditempatkan di pabrik,” jelas Benny.

Menurut Benny, ada dua hal yang didapat jika kita berkarir sesuai dengan passion, yaitu enjoy dan all out dalam bekerja. Pertama, jika seseorang memiliki minat dalam pekerjaannya, ia akan merasa nyaman dengan apa yang ia kerjaan. Menurut Benny, ini akan berpengaruh terhapat karirnya.            

“Contoh seseorang di tempatkan di sebuah pekerjaan yang menuntut dia ke lapangan terus, bisa ke pabrik, bisa ke pasar. Tetapi passionnya tidak disitu, dia passionnya di kantoran, itu seperti bumi sama langit. Jadi, passion itu penting supaya anak ini juga enjoy. Jadi ujung-ujungnya enjoy. Kalau minatnya tidak kita penuhi, bagaimana dia mau enjoy, jika tidak enjoy dia tidak akan berkarir, dan berdampak pada karirnya. Jadi, daripada dia berhenti kararirnya ya kita harus arahkan sesuai dengan minatnya, passionnya,”jelas Benny.

Kedua, jika kita sudah merasa enjoy dengan pekerjaan, pastinya akan all out dalam bekerja. Alumni Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB angkatan 1987 ini mengatakan, setelah ia mengetahui passionnya, dalam bekerja ia memiliki prinsip bekerja sebaik mungkin. Target yang ingin dicapai bukahlah naik jabatan. Akan tetapi, menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik. Ia yakin, jabatan dan karir yang bagus akan ia dapat jika ia bekerja dengan maksimal. Kini Benny sudah bekerja lebih dari 30 tahun dan akan terus memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

“Jadi saya tidak berpikir saya harus jadi manager, saya harus jadi direktur, tidak. Pokoknya saya kerja aja sebaik mungkin, karir akan mengikuti,” ujarnya.



Komentar



Return to previous page Total view : 443
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More