Inilah Kriteria Yang Dicari Oleh Djabesmen Co Dari Seorang Pelamar

Pelaksanaan tes psikologi untuk program Managemen Trainee (MT) batch VI tahun 2019  di Galeri Arsitektur ITB, Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung pada Senin (28/1/2019). (Dok. ITB Career Center/Maryam).
 
  
Bandung, ITB Career Center– Djabesmen Co membuka kesempatan program Managemen Trainee (MT) bagi fresh graduate batch VI tahun 2019. Djabesmen Co atau yang dikenal dengan DBC Group menargetkan 33 peserta yang nantinya akan mengikuti program MT ini. Corporate HR Djabesmen Co, Cicilia Pratiwi menjelaskan, dalam pelaksanaan rekrutmen, perusahaan akan melakukan roadshow ke lima kota yaitu Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

Untuk Kota Bandung, rekrutmen dilaksanakan di dua universitas yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Kota kedua adalah Kota Jakarta, rekrutmen dilaksanakan di dua universitas yaitu Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya dan Universitas Bina Nusantara (Binus). Setelah itu, Djabesmen Co mendatangi kota Medan menuju Universitas Sumatera Utara (USU). Kota selanjutnya adalah Kota Surabaya, rekrutmen dilaksanakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Terakhir, adalah puncak rekrutmen yang akan dilaksanakan di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Tetapi kita bukan khusus alumni universitas-universitas tersebut, kita juga membuka rekrutmen untuk lulusan kampus manapun. Ujungnya itu kita di Yogyakarta. Di sana kita akan buat job fair di UGM. Di situ gongnya rekrutmen kita, artinya disitu selesai program rekrutmennya,” ujar Cicilia saat ditemui disela-sela proses rekrutmen di Galeri Arsitektur ITB, Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung pada Senin (28/1/2019).

Terdapat beberapa tahapan dalam proses rekrutmen, pertama adalah tahap tes psikologi. Pelamar yang mengikuti tahap ini merupakan pelamar yang terpilih, setelah sebelumnya mereka mengirimkan berkas lamaran melalui website kampus ataupun email. Tahap kedua adalah interview yang dilakukan oleh HRD. Tahap ketiga merupakan interview yang dilakukan oleh calon atasan dan terakhir adalah tahap tes kesehatan.

“Nantinya untuk program MT ini para peserta akan ditempatkan di seluruh DBC Group. Kita memiliki delapan pabrik. Kita tidak mengkhususkan untuk jurusan tertentu penempatannya di mana,” jelas Cicilia.

Plant Director PT Djabesmen, Benny Hasnuddin mengatakan, mealalui program MT bagi fresh graduate batch VI tahun 2019, perusahaan mencari orang-orang yang pintar berorgranisasi dan mampu bekerjasama dengan tim. Menurutnya dalam bekerja, teori yang dibutuhkan hanya ilmu-ilmu dasar, selanjutnya adalah leadership yang baik.

Kita membutuhkan orang yang tidak hanya pintar, tetapi harus bisa bekerja sama. Lalu bagaimana nantinya kita mengatur tim yang jumlah anggotanya cukup banyak. Bagaimana cara kita memberikan arahan kepada 100 orang pekerja yang terkadang umurnya jauh diatas kalian. Rata-rata yang bekerja di pabrik berumur 40 tahun,” ujar Benny. 

Memiliki sikap kepemimpian yang baik merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki calon pelamar. Selain itu, perusahaan mencari calon karyawan yang kreatif. Kreatifitas tersebut dilihat dari sejauh mana pelamar dapat memecahkan masalah yang terjadi di perusahaan dengan baik.

Kalau kalian senang kerja sendiri, mending tidak usah join perusahaan ini. Kita membutuhkan orang yang, pertama kreatif bisa menganalisa masalah. Setiap hari ada masalah berbeda-beda. Kedua, dapat bekerjasama dengan tim bukan single player,” jelas Benny.

Tidak kalah penting, Benny mengatakan perusahaan pun mencari orang-orang yang benar-benar memiliki passion (minat) dalam bidang ini. Menurutnya, jika seseorang memiliki passion dalam pekerjaannya, pekerjaan tersebut akan dilakukan dengan maksimal. Passion ini dapat terlihat pada tahapan tes psikologi dan interview saat proses rekrutmen.

Interview dan psikotes dilakukan untuk mengetahui passion dan motivasi pelamar. Cocok tidak dengan perusahaan kita. Kita adalah perusahaan bahan bangunan, jadi jangan bayangkan kerja pake dasi pake jas, bukan. Di sini adalah perusahaan bahan bangunan ditempatkan di pabrik,” jelas Benny.

Apalagi, menghadapi era industri 4.0, Benny sangat berharap melalui program MT batch VI ini akan muncul bibit unggul yang dapat membawa perusahaan menghadapi era industri 4.0 yang tujuannya membangun bangsa.

Kalian saya harapkan dalam jangka waktu lima hingga 10 tahun lagi menjadi pemimpin di industri kami. Tujuan MT ini untuk mencetakpemimpin,”jelas Benny. (Maryam)



Komentar



Return to previous page Total view : 800
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More