PT Musashi Auto Parts Indonesia, Fokus pada Kesempatan Belajar dan Kesejahteraan Karyawan

Kantor PT Musashi Auto Parts Indonesia yang terletak di Cikarang Selatan, Bekasi. 

(Sumber: http://www.musashi.co.jp/en/company/overseas_factory.html)


Bandung, ITB Career Center- Kesempatan belajar dan mengembangkan diri bersama PT Musashi Auto Parts Indonesia begitu besar. Hal ini disampaikan oleh HRD Manager PT Musashi Auto Parts Indonesia, Iqbal Prasetya. Anak perusahaan dari Astra Group ini membuka kesempatan belajar ke luar negeri bagi karyawannya.

“Dalam setahun kita bisa memberangkatkan hingga 50 orang untuk belajar, kita memang berfokus pada kesejahteraan dan kesempatan untuk belajar,” ujar Iqbal ditemui di Kantor ITB Career Center, Selasa (15/1/2019).

Iqbal mengatakan, kesempatan belajar yang bersifat teknis, seperti peningkatan kompetensi teknik permesinan langsung didapat dari Jepang. Mengingat teknologi yang digunakan pun menggunakan teknologi asal Jepang. Selain itu, ada pula peningkatan kemampuan yang bersifat managerial atau non teknis seperti leadership, kemampuan komunikasi, dan lainnya.

“Kita pun memiliki 16 cabang perusahaan di seluruh dunia. Kesempatan untuk belajar ke luar negeri untuk hal-hal yang bersifat teknis, permesinan, atau bidang engineering, peluangnya besar, apalagi projek baru,” ujar Iqbal.

Selain mendapat kesempatan belajar, Iqbal menjelaskan pola kerja di PT Musashi Auto Parts Indonesia berbeda dengan pola kerja perusahaan Jepang lainnya. Jika labelling masyarakat akan perusahaan asal Jepang terkenal memiliki kecenderungan overwork, perusahaan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan komponen mesin dan transmisi untuk motor dan mobil ini lebih fleksibel dan mengikuti kebutuhan generasi masa kini.

“Kalau anak muda sekarang pasti liat perusahaan asal Jepang, bekerja keras hingga jam sembilan malem misalnya. Jepang memang dahulu process oriented, kalau sekarang sudah output oriented. Jadi, target tercapai dengan berbagai jalan, asalkan tidak melanggar aturan-aturan yang ada. Sudah tidak ada lagi perusahaan jepang pulangnya malem-malem, justru yang bagus itu, pulang jam 5, target kerjaannya beres,” jelas Iqbal.

Tahun ini, PT Musashi Auto Parts Indonesia mengadakan rekrutmen untuk berbagai posisi. Iqbal mengatakan, setelah rekrutmen pertama yang masih berjalan pada Januari, perusahaan ini akan membuka kembali kesempatan berkarir pada pertengahan tahun 2019.

“Tahun ini mungkin akan ada lagi (Rekrutmen). Untuk kebutuhan di bagian lain, kita akan ada dua atau tiga kali lagi,” ujar Iqbal.

 



Komentar



Return to previous page Total view : 374
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More