Dubes RI untuk Wina Ajak Mahasiswa Berkarir di IAEA dan Organisasi Internasional

BANDUNG, ITB CAREER CENTER - Dr. Darmansjah Djumala, Duta Besar / Watap RI di Wina mengajak mahasiswa ITB beserta alumni untuk berkarir di International Atomic Energy Agency (IAEA) dan berbagai organisasi internasional di bawah PBB (IO-UN).

Darmansjah mengatakan bahwa kesempatan berkarir profesional di PBB terbuka untuk semua masyarakat Indonesia. Namun, ketidaktahuan informasi menjadi salah satu alasan minimnya orang Indonesia bekerja di IAEA dan IO-UN.

"Dari 46.700 orang yang bekerja di Organisasi Internasional di bawah PBB, hanya 54 warga Indonesia yang bekerja disana. Kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa ada kesempatan bekerja di institusi-institusi tersebut. Melihat hal ini, saya sebagai utusan di bawah PBB sekaligus Duta Besar di Wina merasa bersalah kalau tidak bisa mengajak kalian bekerja di IO maupun IAEA," paparnya.

Darmansjah mengungkapkan bahwa ada enam orang internee yang saat ini sudah bekerja di IAEA. Namun, tidak ada yang dari ITB.

"Sudah ada 6 internee yang bekerja di IAEA, yakni mahasiswa UGM, UI, UPH, dan Unpar. Sayang sekali, belum ada mahasiswa ITB yang bekerja ataupun intern disana, padahal kita dari KBRI akan memfasilitasi kalian untuk kerja di IO," ungkapnya.

Kesempatan yang dibuka untuk bekerja di IAEA dan Organisasi Internasional dibawah PBB tak hanya dibuka untuk mahasiswa jurusan engineering. Pedro Álvarez Cobacho, dari Divisi Human Resources IAEA menyatakan bahwa ada beberapa departemen di IAEA yang membutuhkan lebih banyak tenaga professional dari berbagai latar belakang pendidikan.

"Ada beberapa department di IAEA, mencakup management, technical cooperation, dan teknikal (keamanan nuklir, aplikasi nuklir, dan energi). Karenanya, kami butuh tenaga profesional dengan variasi background, dari fianance hingga engineering," ungkapnya saat memberikan pemaparan terkait bekerja di IAEA di Ruang Auditorium IPTEKS ITB, Jumat (2/11). (fv)

Untuk materi presentasi oleh Mr. Pedro Álvarez Cobacho dapat diunduh melalui tautan berikut:

1. Working at IAEA
2. How to prepare an application
3. Panel Interview
4. Pre-screening process
5. Kompetensi

 



Komentar



Return to previous page Total view : 556
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More