Strategi Bhinneka Gandeng Anak Muda Kembangkan Bisnis E-commerce

BANDUNG, ITB CAREER CENTER - Menjadi pionir selama lebih dari 15 tahun, tak membuat perusahaan Bhinneka mengikuti tren perusahaan e-commerce lainnya.

Dalam seminar bertajuk "How Can Young Generation Impact A Company", Iqbal Ariefandi selaku Senior Project Manager Bhinneka memaparkan bahwa strategi menjadi salah satu cara agar Bhinneka tetap bertahan di industri e-commerce yang kian berkembang di Indonesia.

"Kita menilik strategi pasar yang berbeda dari pola penjualan e-commerce yang saat ini tumbuh di masyarakat. Meski kami masih memiliki store dan retail untuk penjualan ke konstumer (B2C), kami juga memproyeksikan segmen pasar B2B dan B2G," ujarnya.

Namun, tak hanya strategi bisnis yang objektif untuk pedoman jangka panjang Bhinneka, staff yang kontributif terhadap perusahaan dan sistem yang sinergis dalam mendukung perkembangan perusahaan adalah beberapa kuncinya.

Tesar Ahmad Zakaria, Business Analyst Manager Bhinneka mengatakan bahwa ada beberapa cara seorang staff berkontribusi dalam Bhinneka.

"Mereka harus menunjukkan inovasi. Di Bhinneka kalian bisa memberi impact kepada perusahaan karena memang kita butuh ide dari anak muda. Meskipun tempat kerja kita fun, dan tim analitik itu kerjanya lebih flexible di coworking space, tapi tetap kami kerja tidak main-main. Kerja di Bhinneka sangat challanging dan highly demanding, kita kejar target. Jadi mungkin kalau teman-teman cari yang sudah settle dan santai, maaf, mungkin Bhinneka bukan tempatnya," jelasnya.

Lebih jauh, Tesar menjelaskan bahwa bekerja di Bhinneka juga membutuhkan keingintahuan yang tinggi. Sudut pandang menjadi sebuah hal yang lumrah dalam pertemuan kerja.

"Ilmu boleh sama, sudut pandang bisa beda! Kita menemukan itu dari anak muda yang join disini," ungkapnya.

Iqbal menambahkan bahwa bekerja di Bhinneka tidak sekedar bekerja. Dirinya mengungkapkan bahwa work and life balance tidak sesimpel bekerja selama delapan jam sehari.

"Work and life balance itu tidak ditunjukkan oleh seberapa lama dia bekerja. Yang paling penting adalah kamu bahagia dengan apa yang kamu kerjakan, bisa signifikan memberikan efek positif, dan mampu memberi legasi atau perubahan kepada dunia," ajaknya di akhir sesi talkshow Bhinneka. (fv)




Komentar



Return to previous page Total view : 204
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More