Perluas Lini Bisnis, Adaro Energy Rekrut Banyak Talent Lewat Program AMPP

Bandung, ITB Career Center – Setelah berdiri selama 25 tahun, PT Adaro Energy yang dikenal sebagai perusahaan tambang batu bara dalam negeri, mulai melebarkan lininya ke berbagai unit bisnis.

 

Terlihat seorang kandidat mengikuti proses interview pada rekrutmen Adaro Mining Professional Program (AMPP) dari perusahaan tambang batu bara, Adaro Energy. (Dok ITB Career Center)

Andra, Tim Rekrutmen PT Adaro Energy mengatakan bahwa meski harga penjualan batu bara saat ini meningkat, Adaro Energy merasa perlu melakukan diversifikasi unit sebagai penjajakan integrasi bisnis di kawasan tambang Tanjung, Kalimantan Selatan.

“Adaro yang biasanya hanya dikenal sebagai perusahaan tambang batu bara, sekarang sedang menjalankan proyek (on going project) untuk integrasi rantai bisnis di bidang yang lebih luas, meliputi mining services, energi baru terbarukan (EBT), power, logistic, water, capital, dan foundation,” ungkapnya.

Mengingat luasnya lini bisnis yang dikerjakan oleh Adaro Energy, Andra mengungkapkan bahwa kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja baru turut meningkat pula. Melalui program Adaro Mining Professional Program (AMPP), Andra yakin dirinya akan mampu merekrut talent-talent terbaik negeri untuk ditempatkan di site Adaro.

Possibility untuk penempatan di bisnis unit Kami yang baru berkembang masih banyak. Kami optimis untuk mencari kandidat dari jurusan tambang, teknik geologi, sipil, mesin, elektro, industri, kimia dan lingkungan untuk diberi pendidikan selama dua tahun di site tambang Adaro di Kalimantan Selatan dan bounding penempatan dengan total penempatan selama 4 tahun,” ujarnya.

 

Sebanyak 8200 kandidat melamar untuk posisi engineer pada Adaro Mining Professional Program (AMPP). Lebih dari 270 kandidat dipanggil untuk menghadiri undangan LGD PT Adaro Energy di Aula Timur ITB, Rabu (6/9/2018). (Dok. ITB Career Center)

Andra menekankan bahwa animo partisipan dalam program ini terbilang tinggi. Setidaknya, ada lebih dari 8200 kandidat yang melamar untuk posisi engineer pada program AMPP.

“Adaro Mining Professional Program (AMPP) merupakan program ke empat dari perusahaan ini untuk merekrut teman-teman engineer. Bisa dibilang programnya mirip Management Trainee di perusahaan lain. Bandung adalah kota ke tiga setelah Yogya dan Surabaya, selanjutnya, kami akan adakan rekrutmen di Palembang, Jakarta, dan Banjarmasin. Total applicant di program AMPP tahun ini mencapai lebih dari 8200 orang, sedangkan di Kota Bandung sendiri yang diundang ada sekitar 275 kandidat,” imbuhnya ketika diwawancarai di Aula Timur ITB, Kamis (5/9/2018).

Andra memprediksi bahwa akan ada sekitar 20 kandidat yang direkrut secara nasional untuk mengikuti program komprehensif AMPP dengan estimasi intake bulan November 2018. Namun, Ia menegaskan kepada kandidat di masing-masing kota, bahwa tidak diberlakukan kuota per kota seleksi.

“Jika memang banyak yang outstanding di Bandung, ya kita akan rekrut, berapa pun jumlahnya. Ini benar-benar berdasarkan hasil tes dan interview, jadi kita tidak lihat dia berasal dari kota mana, yang penting performance-nya,” katanya. (fv)



Komentar



Return to previous page Total view : 1124
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More