Rekrut Kandidat Potensial dari ITB, Perusahaan Gas Terbesar dari Prancis Tawarkan Kesempatan Karir Global

Bandung, ITB Career Center – Perusahaan Gas Terbesar dari Prancis, Air Liquide yang telah berdiri sejak 1993 di Indonesia akhirnya membuka kembali rekrutmen posisi Management Trainee bagi kandidat potensial dari ITB, Senin (30/7/2018). Yulia, selaku Country HR Air Liquide Indonesia mengatakan bahwa Air Liquide menawarkan kesempatan karir hingga ke luar negeri.

“Kami menawarkan career opportunity yang luas. Kita ingin karyawan kita untuk berkembang, kita tawarkan untuk ikuti pelatihan Air Liquide di luar negeri, ada short term assaignment (STA) selama 6 bulan di Paris dan Amerika. Global opportunity career akan diberikan bagi mereka yang punya drive berkarir di Air Liquide,” paparnya.

Air Liquide beroperasi di lebih dari 80 negara, dengan 37.000 karyawan. Di Indonesia sendiri, Air Liquide Indonesia memberikan program pengembangan bagi karyawannya di seluruh dunia. (Dok. ITB Career Center/Syifa)

Air Liquide Indonesia sendiri setidaknya memiliki 200 karyawan dengan lokasi pabrik di beberapa kawasan industri. Beroperasi di lebih dari 80 negara, Air Liquide memproduksi gas dan servis yang lebih variatif, termasuk industrial gas equipment, expert gas support, dan produk lainnya. Dengan tingginya angka produksi tersebut, Yuli optimis bahwa dengan kecilnya jumlah karyawan di Indonesia, maka kebutuhan karyawan dan kemungkinan rotasi posisi karyawan di berbagai bidang sangatlah tinggi.

“Produksi perusahaan kami tinggi, namun karyawannya hanya ada 200 orang saja. Di Indonesia perusahaan kami sangat lean, sehingga possibility karyawan untuk rotasi sangat tinggi. Hal ini turut mempengaruhi exposure dari setiap karyawan, sehingga akan terkontrol performance-nya dengan sangat baik,” jelasnya ketika diwawancarai di Aula Timur ITB.

Meski sempat vakuum beberapa tahun karena fokus mentransformasi bisnis dan konsilidasi internal, Yulia mengaku bahwa perusahaan gas terbesar dari Prancis ini mulai membuka rekrutmen kembali pada 2018 karena membutuhkan regenerasi karwayan.

 

Yuli, Country HR Air Liquide Indonesia mengatakan bahwa Program MT menjadi salah satu metode pengembangan Perusahaan Air Liquide untuk mencari kandidat potensial di Indonesia. (Dok. ITB Career Center/Syifa)

“Program MT sendiri sebenarnya bukan hal yang baru. Hanya saja di perusahaan kami sempat terhenti karena ada transformasi bisnis, ada pergantian HR team, jadi kita fokus di internal consolidation. Mengingat majority yang bekerja disini sudah sampai 20 tahun, HR Team mempertimbangkan untuk regenerasi. Baru tahun ini kita aktif untuk mulai buka rekrutmen MT lagi,” ujarnya.

Yuli menambahkan bahwa pada program MT, kandidat yang lolos akan diberi pelatihan di semua divisi.

“Karena proyeksi dari program ini dalam berapa tahun sudah bisa diangkat posisi manager, kami ajak mereka untuk mempelajari semua bidang di Air Liquide. Pada fase pertama kami ajak mereka untuk on boarding, fase dua end to end assignment, dan terakhir adalah proyek ke semua department,” tambahnya.

Mulai beranjak ke arah digital, Yuli mengatakan bahwa Air Liquide Indonesia membutuhkan kandidat MT yang mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan perusahaan dan perkembangan zaman.

“Kita butuh orang yang bisa adjust dengan perkembangan zaman karena perusahaan kami sedang bertransformasi ke arah digital. Kita baru saja gunakan SIU (smart inovatif operation), dimana pabrik kita di-remote dan center operation-nya di monitor dari jauh, sehingga memang digitalize mempengaruhi segalanya, termasuk pola kerja industri gas kami,” paparnya. (fv)

 



Komentar



Return to previous page Total view : 1575
Events & Calendar
    • No Upcoming Event
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More