Respon Naiknya Iklim Manufaktur Otomotif, Seiwa Indonesia Buka Rekrutmen Staff Engineering

Bandung, ITB Career Center  ̶  Naiknya iklim manufaktur harus disertai dengan kejelian bidang produksi di dunia industri. Hal ini disampaikan oleh Santoso, selaku Manager HRD PT Seiwa Indonesia saat membuka rekrutmen staff engineer di ITB, Kamis (18/7/2018).

“Beralihnya para eks-karyawan oil and gas ke dunia pabrikan menjadi bukti bahwa iklim manufaktur sekarang sedang baik. Namun, karena industri manufaktur cukup kompetitif, kita harus jeli melihat pasar. Apakah manufaktur yang maju ada di bidang industri, otomotif, atau agrikultur?” paparnya.

Santoso, selaku Manager HRD PT Seiwa Indonesia diwawancarai disela proses rekrutmen staff engineer di ITB, Rabu (18/7/2018). (Dok. ITB Career Center)

PT Seiwa Indonesia sendiri merupakan perusahaan penanaman modal asing dari Jepang yang bergerak di bidang manufaktur otomotif. Dengan menempati salah satu kawasan industri MM2100, Seiwa tak hanya bersaing untuk industri sparepart otomotif dalam negeri, tapi juga secara global.

“Kantor Kami berada di kawasan industri yang cukup bersaing. Teman-teman yang bekerja di kawasan MM2100 akan terbiasa melihat sistem kerja di tempat lain dengan bidang industri yang hampir sama. Meski persaingannya cukup terlihat, teman-teman di Seiwa sudah nyaman bekerja di pabrik Kami. Produksi sparepart Kami juga tinggi, tak hanya digunakan di dalam negeri, tapi juga di Amerika, Eropa, Jepang, Timur Tengah, dengan konsumen pembuat automobile sekelas Volkswagen, Audi, Honda, Porsche dan banyak lagi,” ujarnya.

Tak hanya otomotif, bidang agrikultur turut menjadi salah satu produksi yang dipertimbangkan. Untuk merespon tingginya angka produksi tersebut, PT Seiwa berminat membuka rekrutmen staff engineer untuk lima posisi sekaligus.

“Kami spesialist di bidang otomatif, namun, jika ternyata produksinya sedang menurun, kami juga bisa beralih ke produksi sparepart untuk bidang agrikultur. Jadi produksi kami tergantung trennya naik di bidang apa. Untuk meningkatkan produksi inilah, Kami cari teman-teman alumni ITB dan dari luar ITB untuk posisi purchasing, marketing, health safety environmental (HSE), production engineer (material, chemistry engineering) dan industrial engineering,” imbuhnya.

Beberapa kandidat Staff Engineer PT Seiwa Indonesia menunggu giliran interview user di Kantor ITB Career Center, Kamis (19/7). (Dok. ITB Career Center/fulca)

Santoso mengaku bahwa kompetensi yang dicari untuk kelima posisi yang disebutkan sebelumnya lebih ke analytical logic. Namun, kecendrungan teknis lainnya turut dipertimbangkan.

“Kami tidak cari mahasiswa ITB yang genius, tapi kami cari mereka yang mau belajar. Hanya 5 orang yang kami cari untuk diangkat sebagai staff engineer. Analytical logic, matematika, dan bahasa Inggris menjadi beberapa kompetensi yang kami ujikan. Namun, kecendrungan teknis lain turut dipertimbangkan, misal untuk produksi pengolahan karet kami cari anak dari teknik kimia, dan teknik industri dengan skill yang mumpuni. Kita punya banyak program seperti SS (suggestion skills) untuk mengembangkan ide-ide teman-teman yang lolos tes rekrutmen. Siapa tau, ide teman-teman nanti akan terpakai di section kami, jelas nantinya perusahaan akan beri apresiasi juga,” jelasnya. (fv)



Komentar



Return to previous page Total view : 439
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More