OS Selnajaya Berikan Layanan Rekrutmen Outsourcing Engineer ke Jepang di ITB

ITB Career Center - Indonesia memiliki keuntungan demografis yang tak banyak dimiliki oleh negara lain. Banyaknya sumber daya manusia (SDM) di Indonesia ini, ternyata menjadi salah satu pertimbangan bagi negara Jepang untuk melakukan outsourcing guna memenuhi kebutuhan tenaga engineer di negara sakura tersebut.

 

Chika Wakabayashi, Marketing Advisor dari OS Selnajaya menuturkan tentang profil outsourcing engineering pada piramida ketenagakerjaan di Jepang. (Dok. ITB Career Center/fulca)

Hal ini disampaikan oleh Chika Wakabayashi, Marketing Advisor dari OS Selnajaya. Menurutnya, banyaknya engineer kompenten dari Indonesia, terutama ITB, merupakan salah satu daya tarik bagi Jepang untuk meningkatkan produktifitas pasar kerja disana.

"SDM di Indonesia banyak, apalagi yang muda-muda. ITB sendiri sudah sangat terkenal di Jepang, kompetensi engineer-nya bagus-bagus. Di Jepang saat ini rasio usia produktif sangat tinggi, orang tuanya lebih banyak, sementara itu regenerasi perusahaan ke anak muda sangat minim karena anak mudanya sedikit," paparnya saat ditemui

Wakabayashi menekankan bahwa perspektif tentang tenaga outsourcing di Jepang sangat berbeda dengan anggapan di Indonesia.

“Di Jepang, tenaga outsourcing hanyalah sebutan untuk tenaga yang diambil dari luar negeri, seperti expatriate. Bedanya, di Jepang, tidak ada tenaga outsourcing yang ditpotong gajinya untuk agen atau lain-lain. Sebutan outsourcing ini sendiri kerap digunakan di Jepang pada tenaga dari luar bidang teknologi. Bahkan dalam piramida ketenaga kerjaan di Jepang, setara dengan white collar pada umumnya, mereka adalah tenaga professional dan gajinya tak jauh beda dengan mereka yang asli dari negara sakura,” jelasnya.

 

OS Selnajaya sendiri merupakan perusahaan rekrutmen bidang servis jasa yang bergerak di bagian business support, rekrutmen, dan pelatihan bahasa. Karena itulah, dalam beberapa tahapan rekrutmen posisi outsourcing engineer, bahasa pengantar menjadi penilaian yang sangat penting.

“Sebagai seorang engineer di Jepang, adalah hal yang sangat penting untuk mampu dan memahami bahasa Jepang. Untuk bisa kami loloskan kerja di Jepang dengan perusahaan yang menjadi klien kami, seorang kandidat outsourcing harus mengantongi sertifikasi Bahasa Jepang Level N3,” katanya.

“Anda bisa bergabung dengan kami dan akan kami berikan layanan termasuk koneksi ke perusahaan sekelas Toyota ̶ karna mereka adalah klien kami. Anda bisa memanfaatkan pengalaman direkrut langsung oleh berbagai macam industri yang ter-listed dalam daftar klien kami, sekaligus berpeluang untuk pindah perusahaan tempat kerja di Jepang sesuai kontrak kerja disana,” ujarnya.

Fulca Veda

 



Komentar



Return to previous page Total view : 1191
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More