Tingkatkan Penerimaan ODP IT, Mandiri Kembangkan Bank Berbasis Digital

Bandung, ITB Career Center ̶  Salah satu bank terbesar di negeri ini, Bank Mandiri berupaya melakukan peremajaan ke arah perbankan digital.

Hal ini disampaikan oleh Tommy selaku Vice President Talent Acquisition Bank Mandiri disela-sela proses rekrutmen Officer Development Program (ODP) Bank Mandiri, pada perhelatan Titian Karir ITB 2018, Sabtu (17/3).

“Saat ini memang technology disruption turut berimplikasi pada pola bank-bank tradisional. Mau tidak mau, siap tidak siap, perbankan harus transformasi sehingga berbasis digital. Tahun kemarin kami sudah mulai bertransformasi, kami ajak teman-teman kandidat karyawan pada Program ODP (terutama bdiang IT) untuk menjadi developer membangun bank digital sehingga banking tak lagi dilihat dalam bentukan fisik, tapi lebih juga ke fasilitas gadget berbasis online dan elektronik,” ujarnya.

 

Booth Mandiri di Aula Barat ITB ramai didatangi pengunjung Titian Karir ITB 2018. (Dok. ITB Career Center)

“Karena itu pula, kami menyasar anak ITB yang bisa dibilang unggul dalam hal IT. Kualifikasinya juga cocok dengan kompetensi banker Mandiri, harus tough minded, berani berinovasi, dan berkolaborasi. Nantinya, dari 14 kelas rekrutmen, 8 kelas kami ambil untuk ODP IT, kami sedang fokus untuk meremajakan Bank Mandiri untuk unggul di bidang teknologi,” tambahnya.

Tommy menjelaskan bahwa transformasi bank digital bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, perubahan tersebut harus dipersiapkan sejak dini karena merebaknya pesaing baru seperti start-up digital dan electronic commerce yang mampu menggeser fungsi perbankan konvensional di Indonesia.

“Dalam 3-4 tahun ke depan, diharapkan Bank Mandiri sudah ready ke arah digital, kami sudah mulai siap dengan perubahan tersebut sejak dini. Saat ini saingan kita tak hanya bank-bank konvensional, tapi juga startup digital, karena nasabah juga sudah bisa simpan uang disana. Nah, kalau kita tidak bisa bersaing, potensi dana kita akan lari ke pangsa bank berbentuk startup,” ujarnya saat ditemui di Aula Barat ITB.

Lebih jauh, Tommy memaparkan bahwa ODP kali ini dibuka untuk tiga posisi utama, yakni ODP Regular, IT, dan Risk Management.

“Program Officer Development Program sendiri buka untuk tiga posisi, yakni ODP Regular, ODP IT, serta ODP Risk Management. ODP Regular untuk karyawan dengan spesifikasi banker, sementara itu, ODP IT, yang paling banyak dibuka, adalah lowongan untuk tenaga IT, dan terakhir, ODP Risk Management ̶ yang cukup banyak dibuka pula ̶ diperuntukkan untuk posisi yang kuat di analisis dan matematis. Kami berharap mampu mendapatkan talent yang berkualitas. ITB Integrated Career Days menjadi wadah yang cukup efektif, karena tidak perlu membuka iklan besar-besaran, proses rekrutmen juga jadi lebih cepat,” paparnya. (Fulca Veda)



Komentar



Return to previous page Total view : 732
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More