Tokopedia Goes to Campus: Berkarir di Perusahaan E-Commerce Terbesar di Indonesia

 Sonny Theo Tumbur, Senior Data Engineer Tokopedia sekaligus alumni Teknik Informatika ITB 2010 dalam sharing session Tokopedia dan Big Data di Aula Timur ITB. (Dok. ITB Career Center)

Bandung, ITB Career Center ̶ Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia, kembali mengunjungi ITB dalam rangka ‘Tokopedia Goes to Campus’, pada Selasa (6/3/2018).

Hanny, selaku employee relation Tokopedia Indonesia mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan agenda rutin Tokopedia untuk membagi pengetahuan terkait karir di Tokopedia.

“Event ‘Tokopedia Goes to Campus’ ini adalah roadshow rutin dari Tokopedia ke beberapa kampus di Indonesia. E-commerce kan lagi booming banget sekarang, jadi Kami ingin sharing knowledge bahwa berkarir di take industry seperti Tokopedia saat ini termasuk pekerjaan yang sangat menjanjikan,” ujarnya.

Tokopedia yang baru saja mendapatkan modal dari Alibaba digadang menjadi salah satu e-commerce yang paling berkembang di Indonesia. Hanny mengatakan lebih jauh bahwa Tokopedia merupakan start-up lokal yang paling dinamis dan cukup diperhitungkan di dunia.

“Tokopedia ini salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Dulunya hanya start-up biasa dan terdiri dari 800 karyawan saja. Kini Tokopedia sudah dapat modal dari Softbank dan Sequioa. Dengan adanya investasi dari luar, otomatis pergerakan bisnis Tokopedia akan jauh lebih cepet, tenaga yang dibutuhkan juga akan lebih besar, diperkirakan akan ada kenaikan kebutuhan karyawan hingga 80% dari sekitar 1200 orang. Bisa dibilang, pergerakan bisnis dunia mulai memperhitungkan startup di Indonesia karena pasarnya cukup besar dan mulai bergerak ke arah technology savvy, Tokopedia adalah salah satu startup yang paling dinamis dan akan terus growing kedepannya,” ungkapnya.

Menurutnya, trend berkarir di e-commerce terutama Tokopedia menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak diincar oleh generasi millennial di Indonesia.

“Berkarir di Tokopedia tentu menjanjikan. Karena Kita salah satu perusahaan yang growing terus, maka, lagi-lagi kita cari pribadi yang bisa stand-out diantara millenials lainnya. Growth mindset menjadi salah satu hal yang penting, kita tidak perlu merasa tersaingi dengan partner yang lain karena kita justru dituntut untuk termotivasi dan terus berkembang,” jelasnya.

 

Peserta Tokopedia Goes to Campus berfoto bersama pihak Management Tokopedia di Aula Timur ITB, Selasa (6/3). (Dok. ITB Career Center)

Sonny Theo Tumbur, alumni Teknik Informatika ITB 2010 menambahkan bahwa tingginya tantangan yang diberikan di Tokopedia, termasuk suasana kerja yang nyaman adalah beberapa daya tariknya.

“Berkarir di Tokopedia tuh nyaman banget kok, kita di-provide work & life balance, kerjanya flexi time. Ada event Tokopedia hackathon juga. Hackathon sendiri merupakan kesempatan kita para software engineer untuk berkumpul dengan berbagai fungsi di startup kami untuk berkolaborasi menciptakan ide brilian! Ada banyak event-event yang lain di Tokopedia untuk meningkatkan mindset dan mengimplementasikan Scrum terbesar di Indonesia ini,“ tambanya.

Tokopedia Challenge menjadi salah satu golden ticket yang menargetkan lima kampus besar di Indonesia, salah satunya ITB.

“ITB menjadi salah satu incaran kami selain UI, UGM, Prasetya Mulya dan Binus. Jelas alumni ITB kuat secara teknik dan kultural. Kalian bisa ikut di Tokopedia Challenge yang sebenarnya bukan shortcut ke process hiring. Tokopedia challenge sebenarnya adalah jalan untuk memilih divisi/bagian apa yg cocok dengan kandidat, nantinya chance untuk diterima user masih akan dipertimbangkan lagi. Tapi jelas, kamu akan dapat banyak manfaat kalau sampai lolos ke tahap akhir, bisa jadi kamu akan join bersama perusahaan startup terbesar di Indonesia ini,” jelas Hanny.

Hanny menambahkan bahwa bergabung di Tokopedia sesuai untuk mereka yang tak hanya ingin mengembangkan softskills, tapi juga mengembangkan salah satu produk lokal di Indonesia.

“Indonesia bukan lagi dipandang sebagai negara pasar, tapi telah mampu menjadi produsen. Tokopedia adalah produk lokal, kalau ingin membangun Indonesia, kita harus mau ikut serta bangun perusahaan lokal dulu! Kalau ingin bersaing secara global, kalau ingin jumping ke start up global, kamu bisa kok merasakan suasana khas startup silicon valley disini. Tokopedia is one of the fastest emerging company in the world, jadi kalian bisa belajar banyak dari situ, bisa develop diri sendiri di Tokopedia,” pungkasnya. (fv)



Komentar



Return to previous page Total view : 542
Events & Calendar
    • No Upcoming Event
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More