Pelajari Pembinaan UKM, UMM Kunjungi ITB Career Center-Lembaga Kemahasiswaan

Kepala Bagian Tata Usaha Lembaga Kemahasiswaan ITB, Mulyadin, S.Sos., M.Ak., dan Dr.Eng. Bambang Setia Budi selaku Direktur ITB Career Center berfoto bersama rombongan Universitas Muhammadiyah Malang dalam kunjungan studi banding ke ITB. (Dok. ITB Career Center)

Bandung, ITB Career Center  ΜΆ  Lembaga Kemahasiswaan ITB bersama ITB Career Center menerima kunjungan rombongan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Campus Center Timur ITB pada Kamis, 8 Februari 2018.

Rombongan yang dipimpin oleh Iksan Ansori, MM, salah satu pembina unit kegiatan mahasiswa UMM menyebutkan bahwa kunjungan studi banding ke ITB ini digelar dalam rangka pengembangan layanan unit kemahasiswaan di kampus merah tersebut.

“Kami berkunjung ke ITB untuk tujuan berguru, dalam rangka mempelajari pengelolaan Lembaga Kemahasiswaan, program kreatifitas mahasiswa, entrepreneur serta keprofesian. Kami yakin ITB telah berpengalaman meningkatkan prestasi mahasiswanya baik secara akademik maupun non akademik, Kami ingin belajar lebih jauh dengan kampus gajah ini,” paparnya.

Kepala Bagian Tata Usaha Lembaga Kemahasiswaan ITB, Mulyadin, S.Sos., M.Ak., menyambut baik kunjungan ini sebagai salah satu upaya merintis kerjasama antar lembaga dan universitas.

“Di ITB ada sekitar 84 Unit Kegiatan Mahasiswa dengan berbagai bidang dan minat. Lembaga Kemahasiswaan memegang beberapa unit kerja, diantaranya Unit Bidang Administrasi dan Sistem Informasi, Bidang Pengembangan Karakter Mahasiswa, Bidang Non Kurikuler dan Kemasyarakatan, serta Bidang Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST., MT melanjutkan bahwa ITB Career Center berperan penting dalam proses pengembangan profesi dan kewirausahaan di ITB.

 

Dr. Eng. Bambang Setia Budi S.T, M.T. memaparkan tentang layanan dan fasilitas ITB Career Center dan Divisi Riset Tracer Study ITB pada kunjungan UMM di Gedung Campus Center ITB. (Dok. ITB Career Center)

“Tugas kampus tak hanya mendidik dan meluluskan anak didiknya, tapi juga membimbing untuk berhasil di dunia usaha dan dunia industri. Dalam hal ini, Kami memfasilitasi keprofesian mereka lewat layanan ITB Career Center. Kami turut melakukan riset tracer study sebagai upaya penelusuran transisi mahasiswa dari dunia kampus ke dunia kerja. Hasil surveynya akan menjadi masukan bagi perbaikan sistem pendidikan di ITB,” jelasnya saat memberikan presentasi terkait pengenalan ITB Career Center dan Divisi Riset Tracer Study ITB di Gedung CC Timur ITB, Kamis (8/2).

Salah seorang Pembina UKM sekaligus Dosen Mata Kuliah Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang, Dr. Achmad Mohyi, M.M turut menyampaikan apresiasinya terhadap kunjungan studi banding ini sebagai transformasi UMM menuju kampus riset dan entrepreneur seperti ITB.

“Terus terang UMM masih perlu banyak belajar kepada ITB terkait penelitian dan kewirausahaan, karena dunia ilmu pengetahuan tidak statis. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, Kami memasuki fase ke empat. Fase trial & error, authority, spekulasi dan argumentasi, dan saat ini fase bukti. Kami ingin terus berinovasi, Kami punya binaan mahasiswa dan masyarakat untuk memajukkan bangsa. Karenanya, Kami ingin belajar lebih dari ITB yang telah menemukan berbagai inovasi di dunia pendidikan, tentunya inovasi ini menjadi pilar kami untuk melayani mahasiswa,” tegasnya. (fv)



Komentar



Return to previous page Total view : 356
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More