Bingung Tentukan Karir? Konseling saja di ITB Career Center!

(Ilustrasi) Psikolog/Konselor Bantu Para Jobseeker Tentukan Rencana Karir di ITB Career Center (Dok. ITB Career Center)

Bandung, ITB Career Center  ̶  Salah satu layanan yang diberikan oleh ITB Career Center adalah menyediakan pelatihan dan konseling. Pelatihan dan konseling yang diberikan oleh ITB Career Center merupakan dua pelayanan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa ITB apabila mahasiswa atau alumni ITB membutuhkan konsultasi terkait pekerjaan ataupun pelatihan kompetensi kerja.

Namun, berdasarkan penelitian Tracer Study ITB Career Center tahun 2016 yang mengambil objek  alumni angkatan 2009, ditemukan bahwa ternyata alumni ITB tidak banyak yang memanfaatkan layanan pelatihan dan konseling di ITB Career Center. Setidaknya, hanya 5% yang memanfaatkan konseling dari total 2854 alumni ITB angkatan 2009.

Chintiana Rahmatika, atau kerap disapa Ana ̶ salah satu employer services ITB Career Center mengungkapkan, bahwa kecilnya nilai persentase keikutsertaan alumni dan mahasiswa ITB tampak pada penjadwalan konseling yang diminta oleh mahasiswa ataupun alumni ITB.

“Dalam sehari ada sekitar 5-6 orang yang kami undang untuk datang konseling, namun pesertanya kadang tiba-tiba cancel janji jadi hanya 2-3 orang saja, padahal konselor/psikolog ITBCC sudah hadir. Kecilnya nilai pemanfaatan layanan konseling ini bisa dipastikan karena memang sedikit mahasiswa yang mau menggunakan layanan tersebut. Karena, bukan hanya di ITB Career Center saja mereka (alumni/mahasiswa/jobseeker) bisa berbagi. Kemungkinan lingkungan lain seperti keluarga, teman, atau layanan konseler di luar kampus juga bisa memprovide kebutuhan konsultasi mereka,” jelasnya.

Lebih jauh, Chintiana menambahkan bahwa layanan konseling ini sebenarnya berguna untuk membantu rekan-rekan jobseeker baik alumni ITB, mahasiswa ITB, maupun non-ITB dalam merencanakan, memilih, dan mempersiapkan karir.

Yuk Simak Serba-Serbi Seputar Konseling Karir berikut yang bisa kamu dapatkan di ITB Career Center;

Apa saja yang bisa dibahas dalam konseling karir di ITB Career Center?

Ana menegaskan, bahwa ITB Career Center memiliki kurang lebih empat psikolog yang kompeten dalam bidang pelayanan konsultasi karir. Tentunya, konseling ini berkaitan dengan permasalahan serta rencana karir setiap pesertanya.

“Kamu bisa dibantu merancang rencana karirmu. Hal ini bisa jadi berkaitan dengan opsi jenjang karir, keselarasan jurusan dengan pilihan karir, studi lanjut (S2), keluarga, ataupun berbagai permasalahan pribadi yang secara tidak langsung mempengaruhi pilihan karir seseorang. Tapi pada akhirnya, psikolog/konselor akan tetap mengembalikan semua pilihan itu kepada peserta konseling,” paparnya saat ditemui di Ruang Interview ITB Career Center, Rabu (17/1).

Siapa yang bisa ikut serta dalam layanan konseling karir ini?

Layanan konseling karir di ITB Career Center ini bisa diikuti oleh siapa saja, baik dari dalam maupun luar Kampus ITB. Bagi mahasiswa dan alumni ITB sendiri konseling karir ini tidak dipungut biaya, alias gratis. Namun, untuk peminat dan atau member dari luar ITB, kamu cukup membayar biaya Rp 50.000 saja untuk bisa konsultasi karir di ITB Career Center.

Apa manfaat mengikuti konseling karir di ITB Career Center?

Ana menyebutkan bahwa mengikuti konseling karir di ITB Career Center memberikan banyak manfaat yang tidak didapat di layanan konseling lain.

“Berbeda dengan layanan konseling lainnya, rekan-rekan nantinya akan dibantu merencanakan, memilih, dan mempersiapkan karir dengan psikolog yang memfokuskan pada bidang career development. Jika di-handle dengan konsultan professional, peserta konseling kemungkinan akan paham atas pilihan karirnya, sehingga diharapkan masa depannya lebih gemilang karena sudah ter-planning dengan baik,” ujarnya.

Bagaimana mendaftarkan diri dalam layanan konseling karir ITB Career Center?

Bagi yang berminat, kamu bisa mendaftarkan diri dengan log in di website ITB Career Center terlebih dahulu. Setelah mendaftar, Admin ITB Career Center akan menghubungi kamu untuk penjadwalan. Jadwal yang tersedia saat ini adalah hari Kamis dan Jumat.

“Lebih lanjut, penjadwalan konseling karir ini bisa berubah sewaktu-waktu jamnya, sesuai dengan agenda psikolognya. Namun tetap, pada Kamis dan Jumat. Silahkan rekan-rekan manfaatkan layanan ini dan daftarkan diri website kami,” ajak Ana di akhir wawancara.

(Fulca Veda)



Komentar



Return to previous page Total view : 1333
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More