Bukit Asam Gelar Rekrutmen Bersama ITBCC: 341 Peserta Ikuti Tes Aptitude Tahap 1

Peserta menunggu pembagian soal Tes Aptitude PT Bukit Asam di GKU Timur ITB, Minggu (7/1). (Dok. ITB Career Center)

Bandung, ITB Career Center  ̶  Sebanyak 341 peserta ikuti Tes Aptitude Pre Employment Training Program PT Bukit Asam (PTBA) yang diselenggarakan di R.9232 di GKU Timur Lantai 4 ITB, pada Minggu, 7 Januari 2018.

Ditemui seusai tes aptitude PTBA, Dr. Ir. H. Maulana Yusuf, MS. Mr, selaku penanggung jawab lokasi rekrutmen PTBA di Bandung menekankan, Pre-Employment Training Program sendiri merupakan program tes yang dikelola oleh PT Bukit Asam untuk menjaring tenaga profesional muda di seluruh Indonesia yang ingin berkarir dalam perusahaan energi kelas dunia, PTBA.

“PTBA saat ini bertransformasi dari perusahaan nasional ke perusahaan energi kelas dunia, perusahaan ini membutuhkan tenaga profesional muda yang berani menghadapi tantangan dalam persaingan bisnis global. Animo rekrutmen PTBA di Bandung sendiri ternyata cukup besar, peserta banyak yang antusias karna chance bekerja di perusahaan tambang masih cukup diminati di Indonesia,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa tes aptitude yang diselenggarakan atas kerjasama dengan ITB Career Center dan PMO-ITB ini merupakan tahap rekrutmen lanjutan ke dua setelah seleksi administrasi dan tes preliminary online yang diadakan serentak di Indonesia. “Tahap pertama ada sekitar tiga puluh ribu peserta dari seluruh Indonesia. Setelah tes online, ada sekitar lima ribu peserta yang terjaring dari berbagai kota termasuk di lokasi Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Samarinda. Di ITB sendiri kita menyelenggarakan tes aptitude dengan target 399 peserta. Namun yang mengikuti hanya 341 orang, dengan rincian 194 peserta S1, dan 147 peserta D3,” jelasnya di sela-sela pengumpulan berkas hasil tes aptitude calon karyawan PTBA di Gedung Kuliah Umum ITB.

Meski tidak ditemui pelanggaran apa pun selama tes berlangsung, pasalnya, beberapa peserta tidak hadir dan satu orang tidak diperkenankan memasuki ruang rekrutmen.

“Betul, kami sempat menolak satu peserta karena telat 45 menit, prosedurnya masih diperbolehkan ikut tes dengan waktu keterlambatan maksimal 30 menit. Selain itu, 58 peserta juga tidak hadir tanpa konfirmasi. Meski masih ditemui beberapa peserta yang tidak membawa berkas lengkap, syukurnya tidak ada joki ataupun peserta yang melakukan pelanggaran lebih jauh,” jelasnya.

Dr. Ir. Maulana menekankan bahwa seluruh proses rekrutmen akan menjadi pertimbangan seleksi tahap selanjutnya. “Kelengkapan berkas serta pengisian tes aptitude tentu akan menjadi penilaian pihak PTBA. Dokumen-dokumen tersebut langsung akan dikirim dan diproses di Palembang hari ini. Akan ada tahapan selanjutnya seperti TOEFL, tes wawancara, dan tes kesehatan. Kita tinggal tunggu hasilnya, semoga teman-teman yang berpartisipasi dalam rekrutmen hari ini puas dengan hasilnya nanti,” harapnya di akhir wawancara. (fv)



Komentar



Return to previous page Total view : 964
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More