Pembinaan Karir dan Kewirausahaan Universitas Airlangga akan Mencontoh Pola Pengelolaan Program Kewirausahaan Mahasiswa ITB Career Center

 Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan Universitas Airlangga  sedang melakukan diskusi mengenai Program Kewirausahaan Mahasiswa dengan ITB Career Center.

Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan Universitas Airlangga  sedang melakukan diskusi mengenai Program Kewirausahaan Mahasiswa dengan ITB Career Center.

Bandung, ITB Career Center - Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan Universitas Airlangga berkunjung ke ITB Career Center pada Rabu, 06 Desember 2017. Tujuan kunjungan ini adalah untuk meningkatkan akselerasi dan kualitas pusat karir di Universitas Airlangga. Sebelumnya, Universitas Airlangga juga sering menghadiri undangan dalam event pusat karir yang diadakan oleh ITB Career Center. Kunjungan ini dikhususkan untuk mengkaji lebih dalam mengenai pengelolaan pusat karir ITB Career Center.

Selain ITB, Universitas Airlangga juga melakukan kunjungan ke beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia. Beberapa kampus ke yang dikunjungi diantaranya; Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Bina Nusantara, dan pada 18 Desember 2017 nanti ke Institut Pertanian Bogor. Diskusi dan sharing mengenai pusat karir ITB bersama Univeritas Airlangga dilakukan di ruang rapat ITB Career Center pada pukul 13.30 WIB hingga 15.30 WIB. Universitas Airlangga membawa 10 orang tim Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan dan tenaga kependidikan non dosen.

Informasi yang banyak digali oleh Universitas Airlangga adalah mengenai pengelolaan IT, Program Kewirausahaan, dan bagaimana membangun hubungan yang baik antara ITB Career Center dengan perusahaan dan pencari kerja. Ditemui setelah diskusi bersama tim pusat karir ITB selesai, Dr. Epy Muhammad Luqman, M.Si., Drh., PAvet selaku sekretaris Pembinaan Karir dan Kewirausahaan Universitas Airlangga mengungkapkan harapannya setelah berkunjung ke beberapa perguruan tinggi untuk roadshow adalah dapat mengimplementasikan langsung dengan SDM yang dimiliki oleh Universitas Airlangga.

"Setidaknya kami dengan ini akan merancang standar dalam pengelolaan pusat karir Universitas Airlangga. Lembaga ini kan dibuat untuk kebermanfaatan bagi mahasiswa, calon lulusan, dan alumni. Diharapkan ITB juga dapat menjadi model untuk keberkembangan pusat karir perguruan tinggi lainnya, termasuk Universitas Airlangga. Nama besar ITB tentu menjadi garansi untuk meningkatan daya serap lulusan ke stakeholder. ITB juga semoga dapat memberikan pembelajaran mengenai keterlibatan pusat karir dalam pembinaan, mulai dari mahasiswa baru hingga ketika masa studi, “ ungkap Bapak Epy.

Rencana terdekat dari Universitas Airlangga terkait Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan setelah melakukan kunjungan ini adalah ingin meningkatan pengelolaan program mahasiswa wirausaha dengan role model pengelolaan program kewirausahaan di ITB. Universitas Airlangga ingin memiliki pendekatan langsung kepada mahasiswa yang akan berbisnis. Selain itu, pengelolaan informasi lowongan kerja yang disampaikan kepada mahasiswa dan alumni Universitas Airlangga akan ditingkatkan dengan layanan digital.

"Pengelolaan program mahasiswa wirausaha di Universitas Airlangga sementara ini masih berkutat dengan pola ide bisnis. Rencananya nanti pengelolaan program wirausaha ingin dibagi menjadi beberapa elemen. Kami juga dalam memberikan informasi lowongan kerja kepada mahasiswa dan alumni Universitas Airlangga selama ini masih konvensional, sehingga perlu adanya upgrade agar kebermanfaatan Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan dapat dirasakan secara nyata," papar Bapak Epy.



Komentar



Return to previous page Total view : 173
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More