Rekrutmen Tokopedia: Strategi Tim Rekrutmen Tokopedia Mencari Talent Terbaik

Peserta rekrutmen Tokopedia sedang mengerjakan tes tulis di Galeri Arsitektur.

Peserta rekrutmen Tokopedia sedang mengerjakan tes tulis di Galeri Arsitektur.

Bandung, ITB Career Center - Bermunculannya perusahaan startup teknologi di Indonesia menjadikan alternatif pilihan tempat bekerja yang populer bagi generasi millennials. Menurut survei oleh platform online berisikan informasi pekerjaan, mencuatkan bahwa tren pekerjaan yang paling diincar oleh millennials Indonesia adalah startup bidang e-commerce. Hal ini dapat disebabkan karena banyak startup yang menunjukkan perkembangan yang signifikan. Belum lagi budaya kerja di startup yang dikenal dinamis dan fun juga menjadi daya tarik tersendiri untuk berbondong-bondong melamar ke sana.

Tokopedia salah satu start up bidang e-commerce terbesar di Indonesia. Dengan mengusung model bisnis marketplace dan mall online, Tokopedia memungkinkan setiap orang, toko kecil dan brand untuk mengelola toko online. Tokopedia resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2009, Tokopedia beberapa kali dianugerahi pengahargaan, diantaranya; Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada Markplus Conference 2015, dan Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016.

Pada 30 November 2017 lalu, Tokopedia melakukan rekrutmen untuk beberapa posisi full time dan internship di ITB. Bekerja sama dengan ITB Career Center, lowongan ini dikhusukan untuk mahasiswa dan alumni ITB saja. Rekrutmen dimulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB di Galeri Arsitektur ITB. Agenda rekrutmen di ITB lalu adalah tes tertulis berupa soal-soal technical sesuai dengan job desc yang dilamar. Jumlah peserta yang mengikuti tes tertulis adalah 70 orang. Peserta yang lolos tahap tes tertulis nantinya akan wawancara dengan user di kantor pusat, Jakarta.

Berikut posisi yang dibuka pada Tokopedia Campus Hiring di Institut Teknlogi Bandung:

Lowongan kerja Tokopedia waktu penuh:

  1. Graphic Designer
  2. Ilustrator
  3. UX Designer
  4. UI Designer
  5. Software Engineer
  6. Data Analyst
  7. Data Scientist

Lowongan kerja Tokopedia untuk magang:

  1. Graphic Designer
  2. UX Designer
  3. Software Engineer
  4. Event
  5. Public Relation
  6. Finance

Ditemui setelah rekrutmen selesai, Amanda Delia selaku Recruitment and Employer Branding mengungkapkan bahwa beberapa posisi cukup sulit dicari kandidat yang sesuai. Sehingga Tokopedia memiliki beberapa strategi untuk mencari talent terbaik.  Selain melalui Campus Hiring, Tokopedia juga mendatangi komunitas, menyebarkan informasi di linkedin, dan melalui website karir.

"Tokopedia sendiri sebenarnya mencari talent tidak melulu harus sesuai dengan background pendidikan. Dalam kultur kami, yang terpenting bila mampu mengerjakan job desc dengan baik dan qualified, dari jurusan apapun, maka welcome," ungkap Mbak Amanda.

Pesan Mbak Amanda kepada mahasiswa tingkat akhir dan job seeker adalah, bahwa recruiter tidak sepenuhnya menerima kandidat berdasarkan besar IPK. Gunakan masa kuliah dengan aktif tidak hanya dengan kegiatan formal dalam kelas. Mahasiswa disarankan banyak terlibat dalam kegiatan kemahasiswaan atau komunitas, hal itu dapat mengasah personality dan soft skill yang nantinya bermanfaat di tempat kerja.

"Kadang mahasiswa melupakan interpersonal yang harus selalu ditingkatkan. Teori memang penting untuk kemampuan technical, tetapi dalam dunia pekerjaan itu saja tidak cukup. Misalnya di Tokopedia, growth mindset itu penting sekali. Misalnya, ada orang lama di Tokopedia, kemudian datang bergabung orang baru yang lebih baik. Orang lama tidak boleh merasa tersaingi, justru harus termotivasi untuk berkembang. Ya, pikirannya jangan sempit gitu," papar Mbak Amanda.



Komentar



Return to previous page Total view : 525
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More