Saturday Lesson: Mengatur Kecerdasan Emosional untuk Manajemen Pengendalian Diri dan Menjadi Pemimpin

Bapak Sedat Bahri sedang memberikan materi seminar mengenai Coaching for Performance di Saturday Lesson sesi II.

Bapak Sedat Bahri sedang memberikan materi seminar mengenai Coaching for Performance di Saturday Lesson sesi II, pada 18 November 2017.

Bandung, ITB Career Center - Orang-orang hebat mampu mencapai kesuksesannya karena mereka bisa mengatur dirinya sendiri. Mengatur diri sendiri merupakan manajemen pengendalian terhadap pikiran, ucapan, dan perbuatan. Manajemen diri sangat berpengaruh ketika memasuki dunia kerja. Mengingat pentingnya manajemen diri, ITB Career Center mengadakan Saturday Lesson bagian kedua dengan tema ‘Managing Yourself and Leading Others’ dan ‘Coaching for Performance’.

Saturday Lesson: ‘Coaching for Performances dan Managing yourself and Leading Others’ adalah Program Pendidikan dan Pelatihan 2017 sesi kedua yang diadakan oleh ITB Career Center. Sebelumnya bagian pertama sudah dilaksanakan pada Sabtu, 11 November 2017 di Ruang 9211, ITB Career Center. Program ini ditujukan bagi mahasiswa dan alumni ITB. Saturday Lesson bagian kedua dihadiri oleh 71 orang. Seminar dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Terbagi menjadi dua sesi, seminar menghadirkan dua pembicara profesional dari Career Grooming.

Pemateri pertama adalah Riani Perdanasari. Beliau menyelesaikan S1 dengan jurusan Fisika di ITB, dan meraih gelar magister di School of Business and Management ITB. Ibu Riani sudah memiliki pengalaman kerja di Human Resource Business Partner for Sales MT & Support Function, National CDES Improvement Manager, Business Services Manager for East Java Ops,  Cold Drink Equipment Services Analyst, dan Management Trainee di PT.Coca-Cola Amatil Indonesia.

Seminar dengan tema ‘Managing Self and Lead Others’ diadakan sebagai pembekalan persiapaan menghadapi dunia kerja. Ibu Riani menyampaikan hal apa saja yang dibutuhkan untuk dunia kerja. Setelah lulus, akan ada banyak pilihan baik itu berwirausaha atau bekerja di perusahaan yang lain. Maka kemampuan  untuk me-manage diri sendiri sangat diperlukan sebelum me-manage orang lain.

Menurut Ibu Riani, untuk dapat menjadi seorang leader yang baik, maka harus dimulai dengan mengatur diri sendiri terlebih dahulu. Mengatur diri sendiri merupakan manajemen pengendalian terhadap pikiran, ucapan, dan perbuatan. Manajemen diri sangat penting untuk saat ini dan masa yang akan mendatang, maka wajar harus dipahami sejak dini.

“Ketika menghadapi dunia kerja, yang dibutuhkan tidak hanya intelegensi (IQ), tetapi juga membutuhkan kecerdasan emosional (EQ). Pengendalian kecerdasan emosional sangat dominan di dunia kerja. Jadi tidak hanya soal IQ loh bila masuk dunia kerja, EQ dan IQ harus seimbang,” ungkap Ibu Riani setelah selesai menjadi pemateri.

Empat poin penting mengenai mengendalikan diri sendiri dan menjadi leader yang baik adalah:

1. Self Awarness

2. Self Management

3. Social Awarness

4. Relationship Management

Pemateri kedua menghadirkan Sedat Bahri, beliau adalah alumni ITB yang memiliki kompetensi strategic management, people & organization development, corporate culture,  tqm, talent management, competency model, performance management & human resources score card.

Dalam seminar, Bapak Bahri memaparkan semua mengenai Coaching for Performance. Mulai dari deskripsi, keuntungan, cara, hingga golden rules of coaching. Coaching  performances diperlukan agar membuat semangat dalam hal kinerja khususnya bagi diri sendiri yang baik agar dapat menggali potensi terbaik.

Ditanyakan perihal harapan setelah diadakannya ‘Coaching for Performances dan Managing yourself and Leading Others’,  Bapak Bahri mengungkapkan semoga dengan materi yang disampaikan dapat menjadi bekal bagaimana nantinya dunia kerja. Sehingga setelah lulus bisa percaya diri untuk menghadapi dunia kerja dan bisa mengambil langkah yang tepat.

"Saya memberikan bekal dasar ketika dunia kerja harus seperti ini dan itu. Saya berikan career path. Dengan berbagai kemungkinan ketika nanti di dunia kerjam semoga mereka bisa bekerja sesuai passion," ujar Bapak Bahar yang ditemui setelah selesai Seminar.

Selengkapnya mengenai mambangun ‘Coaching for Performance and Leadership, dan Managing Yourself & Leading Others’ bisa diunduh di sini dan dilihat di Career Grooming. (SWA)



Komentar



Return to previous page Total view : 177
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More