Fresh Graduate? Ini Dia yang Harus Dipersiapkan Memasuki Dunia Kerja!

Setelah lulus kuliah ternyata perjuanganmu bukan selesai, tetapi semua pilihan penting ada di masa ini. Ada yang memilih melanjutkan kuliah magister, ada yang serius berwirausaha, ada yang melanjutkan bisnis keluarga, ada yang menikah, ada yang bekerja, dan masih banyak pilihan-pilihan lain.

Yang paling dikhawatirkan dari setelah lulus kuliah adalah ketika kamu bahkan tidak tahu mau melakukan apa. Bingung menentukan sikap, padahal fase ini adalah salah satu yang terpenting untuk masa depanmu. Jangan sampai ketika kamu sudah lulus masih kebingungan. Ini dia beberapa hal tips yang harus dipersiapkan untuk Fresh Graduate yang akan memasuki dunia kerja! Tips ini didapatkan dari sharing penulis bersama Alumni Desain Produk ITB angkatan 2002, Mufti Alem yang kini sedang mengembangkan start up www.greeneration.org dan berkarya di Alem Studio.

 ● Memperluas Jaringan Pertemanan

Menjalin relasi selama masa kuliah penting sekali, baik online maupun offline. Semakin banyak kamu mengenal atau dikenal orang, semakin luas jaringan pertemanan, maka semakin banyak peluang dan kesempatan yang dimiliki. Bahkan, tak jarang kamu memperoleh pekerjaan dengan perantara jaringan.

● Memahami Profesi

Jurusan kuliah apa yang kamu ambil? Tentu kamu sudah tahu betul bagaimana prospek pekerjaan dan ilmu yang sudah didapatkan selama masa 4 tahun kuliahmu. Pahami secara dalam apa saja yang menjadi skill dari program studimu. Pahami lagi setiap ilmunya, bisa saja mata kuliah yang tak kamu sukai akan menjadi pekerjaanmu. Persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk menghadapi dunia kerja. Dengan memahami profesi-profesi sesuai jurusan program studi, kamu tentu akan lebih siap dengan profesi yang akan kamu jalani.

● Berorganisasi

Berorganisasi tidak hanya akan memperluas relasi pertemananmu, tetapi jauh dari itu banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dari berorganisasi semasa masa kuliah. Sebenarnya tidak ada ketentuan harus organisasi dalam kampus atau komunitas luar kampus, tipsnya ikutilah organisasi sesuai hobimu. Dengan berorganisasi, kemampuan leadership, komunikasi, team work, cara menyelesaikan masalah, bahkan rasa tanggung jawabmu akan terlatih.

● Memperbanyak Karya 

Selain dikelas, isi masa perkuliahanmu dengan memperbanyak karya sesuai program studi. Hal ini akan menunjang ketika melamar kerja. Karya-karyamu selama masa kuliah khususnya yang berhubungan langsung dengan program studi bisa dilampirkan di portofolio bersama CV dan surat lamaran pekerjaan. Walaupun kamu Fresh Graduate, perusahaan akan sangat menghargai dan menjadi nilai plus bila kamu sudah memiliki banyak karya apalagi bila ditunjang dengan prestasi.

● Harus Mau Belajar

Walaupun kamu sudah menyelesaikan pendidikan S1, bukan berarti tugas belajarmu selesai. Tak jarang di tempat pekerjaanmu akan banyak hal baru yang perlu dipelajari. Jadilah gelas kosong yang mau menerima masukan atau pelajaran baru terkait pekerjaanmu nantinya. Kamu tidak boleh lelah belajar, pelajaran bahkan hikmah bisa ditemukan dari mana saja, kapan saja, bahkan siapa saja.

Mempunyai Role Model

Memiliki Role Model akan membuatmu lebih semangat dan tahu langkah-langkah pasti untuk mencapai tujuan hidup. Role Model tentu berbeda dengan artis idolamu, role model secara tak langsung akan berperan menjadi pemberi contoh atau inspirasi untuk mencapai pekerjaan impianmu. Menurut Eric C. Sinoway dalam bukunya Howard’s Gift “You can’t step in the same river twice. In the same way, you can’t follow a role model’s exact steps, expecting the same outcome.”

Proses suksesmu memang belum tentu akan sama dengan Role Modelmu, tapi percayalah, dengan role model akan mempermudah kamu untuk bisa melihat 'The Big Picture' dari mimpimu secara keseluruhan. Role model tentu tidak harus satu orang, beberapa karakter orang sukses yang sesuai dengan pribadi yang kamu inginkan di masa depan.

 

Itulah beberapa opini tentang apa saja yang harus disiapkan setelah lulus kuliah nanti. Bukan hanya CV yang apik, tapi juga mental dan kesiapan menghadapi dunia pekerjaan. Good luck!

 

Author : Shinta Wulan Anggraeni

Ilustrasi graphic : www.qerja.com



Komentar



Return to previous page Total view : 1045
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips