Rekrutmen Dosen Tidak Tetap Pengajar Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, dan Program Studi Informatika untuk ITB Kampus Jatinangor

PENGUMUMAN DOSEN TIDAK TETAP PENGAJAR PROGRAM STUDI SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNTUK ITB KAMPUS JATINANGOR

 

PANDUAN SELEKSI DOSEN TIDAK TETAP PENGAJAR PROGRAM STUDI SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNTUK ITB KAMPUS JATINANGOR

TUJUAN

Dalam rangka memberikan layanan belajar mengajar yang prima bagi para mahasiswa di ITB Kampus Jatinangor, khususnya pada program studi Sistem dan Teknologi Informasi, dan program studi Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB) saat ini mencari kandidat yang memiliki pengalaman mengajar yang sangat baik di lingkungan pendidikan tinggi dan yang kompeten dalam memberikan dukungan kepada para mahasiswa untuk mencapai tujuan pendidikan mereka.

Dosen Tidak Tetap Pengajar untuk ITB Kampus Jatinangor tersebut wajib memberikan kontribusi besar dalam kegiatan belajar-mengajar. Selain itu, mereka harus mendukung para Dosen Tetap ITB yang beban pengajarannya meningkat karena adanya kelas-kelas baru di ITB Kampus Jatinangor pada program studi Sistem dan Teknologi Informasi, dan program studi Informatika.
Dua (2) orang Dosen Tidak Tetap Pengajar diharapkan dapat terjaring melalui perekrutan ini. Dua (2) orang tersebut terdiri dari satu (1) orang Dosen Tidak Tetap Pengajar untuk masing-masing Program Studi di atas.

PERSYARATAN

1. Lowongan ini tidak berlaku bagi pegawai tetap Institut Teknologi Bandung.
2. Kandidat adalah Warga Negara Indonesia.
3. Kandidat tidak boleh berusia di atas 35 tahun pada akhir tahun 2021.
4. Kandidat Dosen Tidak Tetap Pengajar harus memiliki minimal gelar Magister di bidang yang relevan dan diperoleh dari perguruan tinggi yang diakui secara internasional.
5. Kandidat harus memiliki prestasi akademik yang sangat baik.
6. Kandidat harus memiliki keunggulan dalam bidang pengajaran di lingkungan pendidikan tinggi, lebih disukai di perguruan tinggi yang diakui secara internasional.
7. Kandidat memiliki prestasi di bidang pengajaran yang sesuai dengan program studi tempat kandidat akan ditugaskan.
8. Kandidat harus memiliki prestasi di bidang yang relevan dengan program studi tempat kandidat akan ditempatkan.

PENUGASAN

1. Penugasan Dosen Tidak Tetap Pengajar adalah untuk jangka waktu hingga dua tahun dan akan dimulai pada Tahun Akademik 2021/2022 Semester I.
2. Selain mengajar, Dosen Tidak Tetap Pengajar dapat diminta oleh ITB untuk melaksanakan penugasan lain yang sesuai.
3. Dosen Tidak Tetap Pengajar bekerja penuh waktu (full-time).
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
1. Dosen Tidak Tetap Pengajar harus memberikan kontribusi yang signifikan dalam kegiatan belajar mengajar di unit tempat mereka ditugaskan.
2. Dosen Tidak Tetap Pengajar harus bekerja secara kolaboratif untuk mendukung mahasiswa mencapai tujuan pendidikan mereka.
3. Dosen Tidak Tetap Pengajar harus memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar-mengajar di ITB terutama ITB Kampus Jatinangor.
4. Dosen Tidak Tetap Pengajar harus mendukung para Dosen Tetap ITB yang beban pengajarannya meningkat karena adanya kelas-kelas baru yang dibuka di ITB Kampus Jatinangor pada Program Studi Informatika, dan Sistem dan Teknologi Informasi.

EVALUASI

1. Dosen Tidak Tetap Pengajar wajib menyampaikan laporan tahunan kepada Dekan Fakultas/Sekolah tempat dia ditugaskan dengan melaporkan secara rinci keterlibatan mereka dalam kegiatan di Fakultas/Sekolah pada tahun tersebut.
2. Keberhasilan dalam mencapai tujuan dan memenuhi kewajiban harus dibahas di dalam laporan tersebut.
3. Dekan tempat Dosen Tidak Tetap Pengajar ditugaskan dan Direktur Kepegawaian akan mengevaluasi kinerja Dosen Tidak Tetap Pengajar. Evaluasi tahunan dapat menjadi bahan pertimbangkan dalam menentukan apakah penugasan Dosen Tidak Tetap Pengajar diperbaharui.

HAK

1. Dosen Tidak Tetap Pengajar adalah posisi berbayar sehingga berhak mendapatkan penghasilan sesuai ketentuan yang berlaku di ITB.
2. Dosen Tidak Tetap Pengajar akan menerima penghasilan kotor maksimum sebesar Rp 96.000.000,00 per tahun.
3. Dosen Tidak Tetap Pengajar akan diberi akses untuk layanan-layanan yang disediakan ITB misalnya email, layanan perpustakaan, akses ke ruang penelitian seperti laboratorium atau studio.

PROSEDUR PENDAFTARAN

1. Surat lamaran yang berisi posisi yang dilamar dan uraian potensi kandidat dalam berkontribusi pada bidang pengajaran untuk ITB
2. Daftar Riwayat Hidup
4. Personal Statement (maksimal 1 halaman) yang menguraikan bagaimana pengalaman kandidat di bidang penelitian, pengajaran di perguruan tinggi, keterlibatannya dalam masyarakat, dan pengalaman hidupnya di masa lalu dan sekarang telah memengaruhi pencapaiannya saat ini dan bagaimana aspek-aspek tersebut dapat berperan dalam mewujudkan cita-cita ITB sebagai universitas kelas dunia. Personal Statement dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
5. Teaching Philosophy Statement (maksimal 2 halaman) yang menjelaskan filosofi pengajaran yang diyakini kandidat dan memberikan contoh nyata apa yang kandidat lakukan di kelas yang merefleksikan filosofi tersebut. Pengalaman dalam mengenyam pendidikan dan pengalaman profesional kandidat dapat pula menjadi contoh. Teaching Philosophy Statement dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
6. Dua surat referensi dari dua orang yang dapat memberikan referensi profesional kandidat.
7. Salinan transkrip akademik dan ijazah sarjana dan pascasarjana.

PROSES SELEKSI

1. Lamaran yang terlambat tidak akan diterima.
2. Lamaran yang tidak lengkap tidak akan diterima.
3. Lamaran lengkap hanya boleh dikirimkan ke email resmi rekrutmen Dosen Tidak Tetap ini.
4. Lamaran dikirimkan ke alamat email berikut ini: adjunct_appointment@itb.ac.id
5. Proses seleksi akan dilakukan oleh Panitia Seleksi Dosen Tidak Tetap ITB.
6. Linimasa Proses Seleksi:

23 April 2021 : Batas Akhir Pemasukan Berkas Lamaran
26-30 April 2021 : Seleksi Administrasi
11 Mei 2021 : Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
24-28 Mei 2021 : Seleksi Wawancara
11 Juni 2021 : Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara
14-18 Juni 2021 : Penandatanganan kontrak
28-30 Juni 2021 : Masa orientasi
1 Juli 2021 : Mulai bertugas


7. Pertanyaan terkait seleksi Dosen Tidak Tetap ini dapat dikirimkan ke alamat email: adjunct_appointment@itb.ac.id

Sumber : https://itb.ac.id/pengumuman/rilis/panduan-seleksi-dosen-tidak-tetap-pengajar-program-studi-sistem-dan-teknologi-informasi-dan-program-studi-informatika-untuk-itb-kampus-jatinangor 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More