Inilah Alasan Mengapa Bekerja di Industri FMCG Menarik Menurut Paragonian di Bidang IT

Tangkapan Layar Webinar Paragon Day – Road to Digital Career Preparation Program pada Sabtu, 20 Mare 2021 secara virtual

Bandung, ITB Career Center – Acara Paragon Day – Road to Digital Career Preparation Program adalah kerjasama antara ITB Career Center dengan Paragon Technology and Innovation. Dengan membawakan tema “Navigating Tech Career in FMCG”, acara ini dihadiri oleh sekitar 60 mahasiswa baik dari ITB maupun non-ITB.

Bekerja di Paragon terutama di Information Technology Division, sangatlah agile dimana karyawannya sendiri berusia rata-rata di 24 tahun, dan terdiri dari 63 anggota saja. Di divisi ini terbagi atas 6 kategori yaitu Product & Business Development, Solution Delivery & Management, ERP & Service Management, Cloud & Infrastructure, Data & Applied Intelligence, dan Information Protection & Government.

Dijelaskan oleh Redha Hari W selaku Head of Solution Delivery and Management, mengenai tugas Information Technology di Paragon yaitu mampu untuk menyampaikan nilai dan manfaat dengan menggunakan inovasi melalui teknologi agar menjadi lebih dekat ke konsumen dan mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya. Bagaimana caranya, yaitu dengan menginvestasikan di sisi orang dan teknologi, dengan partner bisnis, mengelola layanan yang sudah ada sesuai dengan framework dan kebijakan dari perusahaan.

FMCG (Fast Moving Consumer Goods) adalah produk-produk yang riil dan ada di tengah masyarakat, dan Paragon Group meng-handle end-to-end FMCG Business. Semua lini bisnis dari Paragon Group menggunakan teknologi seperti di Research & Development, Supply Chain & Manufacturing, Warehouse & Distribution, Commercial & Customer Relationship dan Marketing& Branding. Pada tahun 2020-pun, tim IT Paragon telah menghasilkan lebih dari 40 aplikasi baru yang dibuat dan dikelola oleh perusahaan.

 

Informasi mengenai Lowongan yang dibuka di Paragon Technology and Innovation di bidang IT. (20/03/21)

Ada beberapa alasan mengapa bekerja di FMCG sangat menarik, hal ini dijelaskan oleh Karina Arifiani sebagai IT Business Partner for Commercial, setidaknya ada 5 alasan menurutnya. “Industri FMCG penuh dengan nama-nama besar, memenuhi kebutuhan konsumen, industry yang inovatif dan fast-paced, lalu industry ini semakin besar dan baik, dan yang terakhir adalah bekerja di industri ini tidak hanya tentang kualifikasi (seperti IPK yang tinggi atau kemampuan Bahasa asing) tapi juga tentang Skill.” Jelas Karin, sapaan akrabnya. Karin yang pernah pindah ke perusahaan start-up dibidang e-commerce dan kembali lagi ke Paragon menuturkan bahwa bekerja di Paragon itu sangat menyenangkan dan memiliki kebanggaan tersendiri ketika bekerja disini. Ada 8 hal yang Karin singgung mengapa harus memilih IT di Paragon yaitu Paragon adalah Market Leader, adanya mentorship, adanya keterbukaan, kemudahaan untuk belajar, diisi oleh lingkungan yang berjiwa dan berusia muda, pendapat kita didengarkan, pengembangan diri dan yang terakhir adalah fast pace, dimana kita harus bisa beradaptasi dengan cepat.

Apa yang harus diperhatikan ketika mengawali berkarir di perusahaan FMCG, hal ini dijelaskan oleh Hummam Abdurrahim selaku ERP Software Engineer, bahwa bekerja di FMCG pertama-tama adalah harus mengerti bagaimana proses bisnisnya, karena satu proses bisnis akan mempengaruhi proses bisnis yang lain. Lalu harus mengerti bagaimana cara pikir atau pandang perusahaan, seperti improvement steps atau change management. Selain itu harus berpikiran terbuka dan belajar untuk berempati karena kita akan bekerja dengan banyak orang yang berbeda latar belakang pendidikannya. Dan yang paling penting adalah hati-hati dalam membuat keputusan, jangan ragu untuk bertanya pada atasan atau senior apabila ragu dalam mengambil keputusan penting karena akan mengganggu proses bisnis yang lain. (EF)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More