Workshop Match-Up Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Awali Kegiatan PMMB Batch 1 Tahun 2021.

Workshop Match-Up Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Awali Kegiatan PMMB Batch 1 Tahun 2021.

Workshop Match-Up Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) pada Rabu 24 Februari 2021 secara daring. (24/02/2021) 

Bandung, ITB Career Center – Salah satu program unggulan dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) tahun 2016-2021 adalah Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). PMMB yaitu program yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada para mahasiswa bagaimana dunia kerja itu. Para mahasiswa akan ditempatkan akan disesuaikan dengan Link and Match antara Universitas dengan Industri. Hal ini dimaksudkan agar Universitas dapat mempersiapkan dan menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Program ini terbuka untuk universitas di seluruh Indonesia.

PMMB ini pertama kali selenggarakan pada tahun 2018, dimana pada peresmian PMMB yang diselenggarakan di Jakarta pada 20 Mei 2018 diikuti oleh 25 perguruan tinggi dan 68 BUMN. Sekarang di tahun 2021 jumlah perguruan tinggi yang ikut serta sudah mencapai 209. Dalam rangka pembukaan kegiatan PMMB Batch 1 Tahun 2021, pada Rabu 24 Februari 2021 dilaksanakan Workshop Match-Up PMMB yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Perguruan Tinggi, perwakilan dari industry (BUMN) dan juga tim dari FHCI.

Dalam pemaparan hasil match-up PMMB Batch 1 tahun 2021, Bapak Sofyan Rohidi selaku Direktur Eksekutif FHCI mengatakan bahwa dari total 1907 kebutuhan, 92% terpenuhi dari hasil match-up ini. “Untuk PMMB tahun ini, Industri hanya bisa menyerap sekitar 40% saja dari biasanya, karena kondisi saat ini masih dalam kondisi pandemi, dimana anggaran dari masing-masing perusahaan juga mengalami penurunan”, tambahnya.

Berdasarkan hasil match-up ini jurusan Teknik Informatika, Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Industri, Ilmu Hukum, Sistem Informasi, Teknik Kimia, Ilmu Komunikasi, Manajemen Bisnis dan Statistika termasuk ke dalam TOP 10 Jurusan yang banyak dibutuhkan oleh Industri. Selain itu ada kendala PMMB dari sisi BUMN yang dikemukakan oleh Pak Sofyan yaitu penempatan magang jauh, jurusan yang ter-match-up tidak sesuai, dan mahasiswa keluar atau tidak komit merupakan 3 kendala dalam pelaksanaan PMMB ini. Sedangkan dari sisi Perguruan Tinggi, waktu pelaksanaan yang tidak pas, penempatan magang jauh, dan uang saku merupakan 3 kendala dalam pelaksanaan PMMB ini

“Akhir kata, Selamat kepada para mahasiswa yang ter-match-up dan bagi yang belum, nanti aka nada periode selanjutnya” ucap Pak Sofyan dalam akhir paparannya. (EF)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More