Tingkatkan Earning Power dengan Investasi dalam Bentuk Knowledge dan Skill

 

BRILiaN Campus Roadshow ITB diselenggarakan secara virtual melalui channel youtube Bank BRI (15/02/2021).

Bandung, ITB Career Center – Dalam rangkaian acara BRILiaN Campus Roadshow di 4 Universitas di Indonesia, ITB menjadi universitas pertama yang dikunjungi. Acara yang berlangsung secara virtual pada Senin, 15 Februari 2021 membahas mengenai “Invest Your Future with Knowledge and Skill” dengan pembicara Melvin Mumpuni, ST., MBA., CFP sebagai Founder & CEO Finansialku.com dan Fatah Andiriswara Ibnu Aji sebagai Senior Manager Wealth Management BRI dan dipandu oleh Davy Andry.

Yang dibahas dalam acara kali ini adalah mengenai pentingnya financial planning. Mengatur pola keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang sebaiknya diterapkan sejak dini, agar kebiasaan ini berdampak pada sesuatu yang bijaksana jika berkaitan dengan keuangan kita. Biasanya kebiasaan dalam mengelola keuangan baru akan terbentuk ketika menerima gaji pertama. Jika gaji pertama digunakan untuk sesuatu yang wise, maka gaji-gaji berikutnya akan wise juga, namun bila gaji pertama digunakan untuk sesuatu yang unwise,maka ada kecenderungan gaji-gaji berikutnya akan unwise juga.

“Financial planning itu sulit, apalagi ketika tidak memiliki uang” ucap Melvin. Untuk dapat merencanakan keuangan, ada hal yang paling penting, yaitu earning power. Earning Power atau kemampuan untuk menghasilkan pendapatan seperti berkarir, berdagang, freelance, dsb. Cara untuk meningkatkan earning power ada 3 yaitu memiliki pengetahuan (knowledge), memiliki pengalaman (skill) dan menambah teman atau relasi. “Dengan ketiga hal tersebut, dari ga tau jadi tau, dari ga bisa jadi bisa, dan dari ga kenal jadi kenal. Dari sinilah earning power bisa ditingkatkan” tambahnya.

 

Fatah Andiriswara Ibnu Aji yang disapa Mas Aji, Senior Manager Wealth Management BRI, memaparkan mengenai BRILIAN FUTURE LEADER PROGRAM (15/02/2021).

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Aji, “Modal utama untuk dunia finansial adalah ilmu (hardskill) dan pengalaman atau praktek, mulai aja dari diri sendiri dulu”. Ketika earning power tidak terlalu besar lakukan investasi terutama di skill. Namun harus disesuaikan pula dengan tujuannya.

“Jangan jadikan hasil investasi sebagai sumber income karena investasi itu ada untung, ada stabil dan ada rugi. Pastikan dulu bahwa kalian memiliki income, baru investasi” jelas Aji disela-sela tanya-jawab yang dilakukan dengan host.

Dalam acara kali ini, Aji memaparkan bahwa mengikuti program BRILIAN FUTURE LEADER PROGRAM (BFLP) yang diadakan oleh Bank BRI adalah merupakan salah satu bentuk investasi terhadap diri sendiri, karena dalam program yang ditawarkan ini akan banyak kesempatan untuk mengembangkan diri, mendapatkan pengalaman-pengalaman baru, mendapatkan pendidikan serta pelatihan-pelatihan yang bersertifikasi. Selain itu berkarir di Bank BRI juga memiliki jenjang karir yang jelas. (EF)

 

“The best investment you can make, is an investment in yourself. The more you learn, the more you’ll earn” – Warren Buffett



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More