Evaluasi Campus Hiring PCPM Bank Indonesia

Pertemuan Virtual Evaluasi Pelaksanaan Campus Hiring PCPM Angkatan 35 Bank Indonesia yang Dihadiri oleh Perwakilan Perguruan Tinggi yang Bekerjasama. (17/02/2021).

Bandung, ITB Career Center – Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) angkatan 35 Bank Indonesia sudah berjalan. PCPM sendiri adalah salah satu jalur penerimaan yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia dengan masa pendidikan maksimal 12 bulan, dan bila telah selesai mengikuti program PCPM ini akan diangkat menjadi asisten manajer.

ITB sebagai salah satu dari Perguruan Tinggi yang melaksanakan Campus Hiring Bank Indonesia diajak untuk berkolaborasi dan berkontribusi dalam evaluasi pelaksanaan seleksi Campus Hiring yang telah dilakukan tersebut.

Oleh karena itu, Bank Indonesia mengadakan pertemuan virtual membahas mengenai evaluasi pelaksanaan Campus Hiring PCPM angkatan 35 Bank Indonesia dengan perguruan tinggi yang bekerjasama pada Rabu, 17 Februari 2021 dengan memberikan kesempatan untuk bisa berdiskusi dan memberikan feedback dari masing-masing perguruan tinggi mengenai proses seleksi ini.

“Beda generasi maka berbeda pula hal-hal yang dialaminya. Oleh karena itu, dimohon feedback dan apabila ada kritik dari proses seleksi ini, agar seleksi PCPM seleksi berikutnya menjadi lebih baik” ucap Bapak Wiwiek Sisto Widayat selaku Direktur Eksekutif- Kepala Departemen Sumber Daya Manusia Bank Indonesia disela-sela sambutannya.

Seleksi yang dilakukan melalui Campus Hiring Recruitment PCPM ada 5 tahapan, yaitu tahapan administrasi, tahapan tes kesehatan & psikiatri serta tes psikologi lengkap, seleksi wawancara akhir, program internship dan program on boarding PCPM. Namun, ada yang berbeda dari PCPM angkatan sebelumnya, dimana pada tahun 2020 terjadi pandemi, sehingga beberapa tahapan yang biasanya dilaksankan secara offline dirubah menjadi virtual kecuali untuk tes kesehatan dan psikiatri yang harus secara offline, dan dilakukan sesuai dengan aturan mengenai protokol kesehatan.


Penjelasan oleh Perwakilan Bank Indonesia Mengenai Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM). (17/02/2021).

Bapak Anton Pitono selaku Deputi Direktur SDM menambahkan, “Pegawai yang akan dikader harus memiliki kompetensi leadership, karena nantinya akan menjadi pimpinan Bank Indonesia di masa depan”. Bank Indonesia sendiri selain memiliki kantor pusat di Jakarta, dan juga memiliki 46 kantor perwakilan di daerah se-Indonesia dan 5 kantor perwakilan di luar negeri. “Nantinya, tidak menutup kemungkinan, para peserta PCPM akan ditempatkan di kantor perwakilan baik didalam maupun diluar negeri” tambah-nya.

Dalam diskusi ini, para perwakilan perwakilan perguruan tinggi diberikan kesempatan untuk bertanya, memberikan masukan, maupun menjelaskan bagaimana kondisi di masing-masing perguruan tinggi. Dari pihak Bank Indonesia sendiri menjelaskan bahwa nantinya masukan dan saran yang diberikan akan dibahas lebih lanjut secara internal agar program Campus Hiring PCPM Bank Indonesia berikutnya akan berjalan dengan lebih baik lagi, sehingga kandidat yang diberikan oleh perguruan tinggi baik dari sisi akademis maupun non akademis menjadi lebih baik lagi, karena kontribusi yang diberikan dari masing-masing perguruan tinggi cukup baik. (EF)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More