Dua Pilihan Kategori PMWxTOP 2021

 

Sosialisasi PMWxTOP 2021 dilaksanakan secara daring melalui akun Zoom pada Kamis (14/1/2021).

Bandung, ITB Career Center – Tahun ini, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)x Technopreneurship Orientation Program (TOP) dilaksanakan dua batch. Hal ini disampaikan Kepala Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Sonny Rustiadi, saat memberikan pengarahan program dalam acara Sosialisasi PMWxTOP 2021secara daring pada Kamis (14/1/2021).

PMWxTOP 2021 sendiri merupakan kegiatan kolaborasi antara Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan, Ditmawa ITB atau lebih dikenal dengan ITB Career Center dengan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB.

Sonny menjelaskan, berbeda dengan tahun sebelumnya, PMWxTOP 2021 akan dibagi menjadi dua batch, yaitu, batch 1 pada Januari 2021 hingga Mei 2021. Sedangkan batch 2 pada Agustus 2021 hingga Desember 2021. Kegiatan PMWxTOP 2021 mengikuti semester genap dan ganjil, apalagi kini mahasiswa yang mengikuti program dapat klaim sebanyak tiga hingga lima SKS.

Program ini adalah program yang dapat memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang memiliki aspirasi dan ingin mencoba menjalankan bisnis selagi masih berkuliah. Biasanya PMWxTOP kita laksanakan satu kali satu tahun, tetapi untuk tahun ini dilaksankan dua kali,” ujarnya saat memberikan sosialisasi.

Ada dua kategori peserta dalam PMWxTOP 2021, yaitu kategori Scale Up dan kategori Start Up. Kategori Scale Up ditunjukan untuk kelompok mahasiswa yang sudah menerima bantuan dana PMW pada tahun sebelumnya, sedangkan Start Up ditunjukan untuk kelompok mahasiswa yang belum pernah mengikuti program sebelumnya.

Persyaratan untuk kategori Scale Up, yaitu pertama merupakan mahasiswa program sarjana ITB, telah menyelesaikan kuliah minimal dua semester (khusus ketua). Kedua, masih berstatus mahasiswa program sarjana ITB pada Agustus 2022. Ketiga, pernah mengikuti kegiatan PMW sebelumnya, yaitu kategori Start Up. Keempat, sedang menjalankan usaha bisnis yang sama atau berkaitan dengan judul proposal PMW Start Up sebelumnya.

Kelima, ketegori Scale Up harus dijalankan secara perkelompok, satu kelompok terdiri dari satu ketua dan dua hingga empat anggota (Tidak boleh dijalankan secara individu). Keenam, setiap kelompok dan anggota hanya menjalankan satu bisnis. Persyaratan terakhir adalah semua rangkaian acara wajib dihadiri oleh ketua dan anggota.

“Semua rangkaian acara wajib dihadiri oleh ketua dan anggotanya. Kita sudah desain agar tidak bentrok dengan kuliah. Jadi sebenarnya tidak menjadi masalah untuk teman-teman,” ujar Sonny.

Kategori kedua, yaitu Start Up memiliki persyaratan, yaitu pertama merupakan mahasiswa program sarjana, telah menyelesaikan kuliah minimal dua semester (khusus Ketua). Kedua, masih berstatus mahasiswa program sarjana ITB pada Agustus 2022. Ketiga, Start Up harus dijalankan secara kelompok, satu kelompok terdiri dari satu ketua dan dua hingga empat anggota. Keempat, setiap kelompok hanya menjalankan satu bisnis. Kelima, sudah memiliki rancangan bisnis atau sedang menjalankan bisnis, minimal sudah memiliki produk jasa yang akan atau sedang dijual.

“Jadi yang ingin kita support adalah teman-teman yang benar memiliki bisnis. Bukan hanya mendapatkan hibah. Mendapatkan ilmu lebih bagus dibandingkan hanya mendapatkan hibah,” jelasnya.

Sonny menegaskan, kewajiban para peserta PMWxTOP 2021 adalah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, mendirikan dan atau menjalankan usaha, melakukan update setiap kegiatan melalui sistem PMWxTOP, menyerahkan fotokopi buku rekening bagi yang mendapatkan hibah, menggunakan dana dengan benar, dan membuat laporan akhir sesuai dengan format yang diminta, serta mengikuti PKM 2021 dengan segala ketentuannya. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More