Melakukan Penilaian Diri Sebelum Menentukan Karir

Sumber Gambar : sumber https://bit.ly/2ViDsha

Bandung, ITB Career Center – Ada dua langkah yang dapat kita lakukan sebelum memutuskan karir yang tepat. Dikutip dari thebalancecareers.com, Dawn Rosenberg Mckay seorang Career Development Facilitator menjelaskan, langkah pertama untuk memutuskan karir adalah belajar tentang diri kita sendiri. Untuk mengetahui tentang diri kita sendiri, kita dapat melakukan penilaian diri.

Penilain diri adalah cara untuk mempelajari diri sendiri dengan mengumpulkan data yang mencakup informasi tentang nilai, minat, tipe kepribadian, dan bakat yang terkait dengan pekerjaan. Tujuannya adalah menemukan pekerjaan yang sesuai berdasarkan hasil. Agar efektif, penialain diri harus mempertimbangkan nilai, minat, tipe kepribadian, dan bakat yang terkait dengan pekerjaan seseorang. Semua karakteristik ini membentuk siapa diri kita. Berikut adalah penjelasannya.

  • Nilai Terkait Pekerjaan

Nilai adalah gagasan dan keyakinan yang penting yang kita anut. Nilai-nilai yang terkait dengan pekerjaan kita dapat mencakup otonomi, prestise, keamanan, hubungan interpersonal, membantu orang lain, jadwal kerja yang fleksibel, pekerjaan luar ruangan, waktu luang, dan gaji tinggi. Jika kita mempertimbangkan hal-hal ini saat memilih karier, kita akan memiliki peluang lebih besar untuk mencapai kepuasan kerja.

  • Minat

Dari sisi psikologi, orang yang memiliki minat yang sama dengan pekerjaannya akan lebih bersemangat dalam bekerja. Berdasarkan teori ini maka berkembang teori Inventaris Minat Kuat, penilaian ini digunakan banyak pakar pengembangan karier untuk membantu klien mereka dalam perencanaan karier. Contoh minat termasuk membaca, berlari, bermain golf, dan merajut.

  • Tipe Kepribadian

Tipe kepribadian terdiri dari sifat sosial, dorongan motivasi, kebutuhan, dan sikap. Carl Jung, seorang psikiater Swiss, mengembangkan teori kepribadian yang banyak digunakan dalam perencanaan karir dan merupakan dasar dari Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), sebuah inventaris kepribadian yang sangat populer. Mengetahui tipe kepribadian kita dapat membantu kita dalam memilih pekerjaan karena tipe kepribadian tertentu lebih cocok untuk karir tertentu, serta lingkungan kerja, daripada yang lain.

  • Bakat

Bakat mengacu pada bakat alami individu, kemampuan yang dipelajari, atau kapasitas untuk memperoleh keterampilan. Contohnya meliputi matematika, sains, seni visual, musik, komunikasi verbal atau tertulis, pemahaman bacaan, logika dan penalaran, ketangkasan manual, mekanika, atau hubungan spasial.

Melakukan penilaian diri akan berguna bagi diri sendiri dalam mengenal diri. Dengan begitu, kita akan lebih mudah menentukan berbagai hal termasuk perencanaan karir. Hal ini akan menghindarkan kita terjebak dalam karir yang kurang tepat. (Mar)

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips