Strategi Bisnis Hadapi Era Industri Pasca Pandemi

Bandung, ITB Career Center – Pasca pandemi Covid-19 dunia industri berubah. Sebagai pegiat bisnis, kita harus mempersiapkan strategi jangan panjang untuk menghadapi pandemi yang masih berlangsung. Dikutip dari Simplilearn, menurut ahli strategi Leo Tilman dalam bukunya Agility: How to Navigate the Unknown and Seize Opportunity in a World of Disruption, kegagalan setiap bisnis untuk mengenali perubahan bisnis akibat pandemi adalah kerugian bagi perusahaan.

Belajar dari 2020 ini, perusahaan harus dapat menyusun strategi bagaimana beradaptasi dengan dunia bisnis yang baru, terutama dalam menyambut tahun berikutnya. Berikut adalah beberapa strategi untuk meningkatkan banyak hal di perusahaan agar tetap bertahan disegala keadaan.

Maksimalkan Ruang Kantor Rumah

Sebanyak 42 persen dari total tenaga kerja di AS sekarang bekerja dari rumah secara permanen, dan persentase ini bahkan lebih tinggi secara global di antara ekonomi digital dan industri. Bekerja di rumah menjadi pilihan terbaik saat pandemi. Cukup efektif bekerja dari rumah, tentu jangan lupa untuk memaksimalkan ruang khusus bekerja di rumah. Walaupun pada awalnya para pekerja sedikit canggung dan kurang fokus saat bekerja di rumah, namun pada akhirnya kita akan beradaptasi dengan baik.

Tingkatkan Pengetahuan dengan Bootcamp Online

Pembelajaran berkelanjutan adalah investasi bagi para pekerja. Tanpa kita sadari yang kita gunakan di tempat kerja berkembang lebih cepat setiap harinya. Sebagai pekerja kita harus mengikuti perkembangan teknologi terutama jika kita bekerja di ekonomi digital atau industri teknologi. Apalagi selama pandemi, teknologi adalah kunci utama agar perusahaan tetap berjalan.

Kita dapat mengembangkan diri secara online. Kini banyak pelatihan yang menawarkan paket belajar online yang bisa kita ikuti dari manapun. Bootcamp online salah satunya. Bootcamp online adalah program studi intensif yang memungkinkan peserta mempelajari keterampilan teknologi sesuai permintaan yang dicari oleh perusahaan.

Petakan Tujuan Jangka Panjang

Di mana kita ingin perusahaan kita berada pada 10 tahun yang akan datang? Tujuan bukan hanya sekedar harapan, tetapi untuk menjadi panduan ke arah mana kita ingin perusahaan berjalan. Di sini juga termasuk bagaimana perusahaan akan bertahan jika diterpa masalah. Contohnya saat pandemi, kita dapat belajar dan merancang kembali solusi untuk perusahaan jika dihadapi dengan masalah serupa.

Walaupun belum tahu kapan pandemi berakhir, kita harus tetap bertahan dan mempersipakan era baru pasca pandemi. Perubahan-perubahan yang dirasakan sekarang harus kita pelajari. Jangan lupa untuk mencari peluang dalam perubahan. (Mar)

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips