Mengenal Customer Behavior dalam IB Talk Marketing Series

Bandung, ITB Career Center – Universitas Prasetiya Mulya Kembali mengadakan Webinar IB Talk Marketing Series dengan tema “Be The Expert in The Field of Your Work!”, salah satunya bertema Storytelling Hacks: Getting People to Love Your Brand dengan judul Customer Behavior yang diisi oleh Senior Product Manager L’Oréal Indonesia – Garnier Skin Naturals, Diana Beauty. Webinar ini dilaksankaan pada Rabu (11/11/2020).

Dalam webinar, Alumnus MM Prasetiya Mulya ini membagikan pengalamannya dalam bekerja di bidang marketing yang sudah dijalani sejak 2014. Diana menjelaskan mengenai bagaimana seorang konsumen memilih produk. Menurutnya, ada beberapa langkah yang menjelaskan mengenai proses konsumen berbelanja, pertama adalah recognition of need.

Saat berbelanja yang kita pikirkan pertama adalah apa yang kita butuhkan. Bisa jadi yang kita butuhkan adalah mencari makanan, mencari hotel, atau tempat liburan dan lainnya. Proses ini disebut dengan recognition of need. Proses kedua adalah information search. Proses ini dilakukan setelah kita menemukan apa yang kita butuhkan, yaitu mencari informasi tentang apa yang kita butuhkan.

“Pada proses kedua ada poin, di mana kita akan mencari informasi tersebut. Biasanya dengan era digital ini, para konsumen mencari informasi mengenai suatu produk melalui Google. Atau misalnya kita tipe yang datang dulu ke toko untuk melihat apa yang kita ingin beli. Ada pula yang mencari review produk dari internet atau influencer,” jelasnya.

Menurut Diana, pada tahapan konsumen mencari informasi, ini adalah momen penting bagi kita dan brand yang kita miliki untuk muncul ditempat-tempat konsumen mencari informasi. Jika brand yang kita miliki tidak muncul di tempat-tempat yang konsumen pilih untuk mencari informasi, maka kita tidak akan menjadi pilihan konsumen.


Senior Product Manager L’Oréal Indonesia – Garnier Skin Naturals, Diana Beauty menjadi pembicara dalam  Storytelling Hacks: Getting People to Love Your Brand dengan judul Customer Behavior yang dilaksankaan pada Rabu (11/11/2020). 

“Ini adalah hal yang paling penting untuk brand kita, kita harus memastikan bahwa konsumen aware dengan brand kalian,” ujar Diana.

Tahapan selanjutnya adalah evaluation of alternatives. Misalnya konsumen sudah tahu bahwa yang ia butuhkan adalah membeli handphone. Konsumen akan mencari informasi melalui Google, lalu akan muncul beberapa merk handphone. Di sini konsumen akan memilih lagi produk yang top of mind, yaitu produk yang paling pertama dipikirkan saat kita memikirkan suatu produk.

Kemudian, ada tahapan purchase decision. Setelah konsumen menemukan brand handphone pilihan, maka akan diseleksi lagi jenis handphone berdasarkan beberapa hal salah satunya harga yang disesuaikan dengan kemampuan membeli konsumen. Terakhir adalah post purchase evaluation. Ketika konsumen sudah membeli, dia akan menilai produk, dan menentukan apakah akan membeli produk itu lagi atau tidak.

“Dalam bisnis kita menginginkan para konsumen untuk terus membeli produk kita. Walaupun ini adalah tahapan terakhir dalam proses berbelanja, tetapi ini adalah tahapan paling penting. Karena orang akan menentukan beli lagi atau tidak produk kita. Jadi kualitas produk kita adalah faktor sangat penting. Yang kedua adalah service, kita harus follow up konsumen supaya mereka mau selalu pake produk kita,” jelas Diana.

Beberapa tahapan berbelanja ini sangat penting diketahui oleh kita yang memiliki brand. Di sini kita dapat menyusun strategi untuk menjadi produk pilihan konsumen.

Sementara itu, IB Talk Marketing Series terdiri dari tiga rangkai seminar, yaitu #1 - Digital Marketing Hacks in Digital Savvy Era During a Rocky Journey!, #2 - Storytelling Hacks: Getting People to Love Your Brand, dan #3 - Data-Driven Marketing from Crafting Design to an Application, An Introductory for Better Personalisation in Your Campaign. Tujuan acara adalah untuk memberi kesempatan kepada para peserta untuk meningkatkan level keahlian di bidang marketing. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips