Berbagi Pengalaman International Career Bersama Astra Daihatsu Motor

 M. Zulfinnur Ridha berbagi pegalaman bekerja di kantor Astra Daihatsu Motor luar negeri dalam Seminar International Career : Extend Your Potentials Beyond Limits yang dilaksanakan pada Rabu (30/9/2020) 

Bandung, ITB Career Center – Bekerja di luar negeri merupakan impian banyak orang, namun tentu ada tantangan tersendiri untuk mencapai impian tersebut. Untuk mengetahui tantangan yang dihadapi dan bagaimana kita mengatasinya, PT Astra Daihatsu Motor menggelar Seminar International Career : Extend Your Potentials Beyond Limits yang dilaksanakan pada Rabu (30/9/2020) secara daring melalui aplikasi Zoom. Seminar ini membahas tentang apa yang disiapkan dan benefit apa yang didapat ketika memiliki kesempatan untuk bekerja di luar negeri.

Ada dua pembicara yang memberikan pengalamannya bekerja di luar negeri, yaitu M. Zulfinnur Ridha sebagai Production Control & Logistic Manager dan Hari Wicaksono sebagai Promotion Marketing Manager. Keduanya mendapatkan kesempatan dari Astra Daihatsu Motor untuk bekerja di kantor Astra Daihatsu Motor yang berada di negara lain.

Pertama adalah Zulfinnur yang mendapatkan kesempatan bekerja di Holding Company Astra Daihatsu Motor Jepang pada 2014. Zulfinnur memulai karir di Astra Daihatsu Motor pada 2009 menjadi seorang Supervisor di Plant Cost Control, international career dimulai saat dirinya mengungkapkan keinginan untuk mendalami semua pekerjaan dan semua area kerja termasuk belajar di Holding Company Astra Daihatsu di Jepang.

“Pada 2014 ada kesempatan, diawali dengan belajar bahasa, karena di Jepang orang-orangnya menuntut kita bisa bahasa Jepang,” ujarnya.

Yang pertama kali disiapkan untuk bekerja di Jepang adalah belajar bahasa Jepang di Indonesia selama tiga bulan dan di Osaka selama dua bulan. Zulfinnur mengatakan, selama belajar Bahasa Jepang dirinya dikarantina, meninggalkan pekerjaan regular dan menginap di asrama. Hal itu dilakukan agar dapat menguasai Bahasa Jepang dengan baik dan cepat. Setelah itu, baru ia bekerja di perusahaan di Jepang.

“Pekerjaan saya di sana efektifnya mulai dari Oktober 2014 sampaai Maret 2015. Di sana mereka menerima kita dengan baik,” jelasnya.

Selain mendapatkan kesempatan bekerja di Jepang, Zulfinnur pun mendapat kesempatan lagi untuk bekerja di negara yang berbeda. Pada 2017, dirinya bekerja di Astra Daihatsu Motor Thailand Representative Office Head.

Sama halnya dengan Zulfinnur, Hari pun mendapatkan kesempatan bekerja di Jepang. Pada 2012, Hari mendapatkan kesempatan job assignment di Daihatsu Head Office Japan sebagai Strategic Planning Analyst.

Di Jepang saya bekerja selama dua tahun, saya merasakan tinggal di Jepang, bisa berbahasa Jepang dan banyak hal menarik lainnya di luar pekerjaan yang saya dapatkan,” ujarnya.

 

Hari Wicaksono berbagi pegalaman bekerja di kantor Astra Daihatsu Motor luar negeri dalam Seminar International Career : Extend Your Potentials Beyond Limits yang dilaksanakan pada Rabu (30/9/2020)

Salah satu keuntungan bekerja di Astra Daihatsu Motor adalah kesempatan untuk bekerja di luar negeri. Hal ini disampaikan oleh Hari, menurutnya banyak hal yang ia dapatkan dari kesempatan bekerja di luar negeri.

“Apa enaknya kerja di ADM, sebenarnya mayoritas saham dimiliki oleh Daihatsu motor Co., Ltd dan Toyota Tsusho Corp. Keduanya dimiliki oleh Toyota grup. Jadi kesimpulannya dengan bekerja di ADM kita bisa mendapatkan double exposure, baik dari astra group maupun dari Toyota group. Karena ada double exposure saya bisa mendapatakan kesempatan untuk bekerja di luar negeri,” jelas Hari.

Beberapa tantangan yang dihadapi Zulfinnur dan Hari saat bekerja di negara yang berbeda adalah perbedaan bahasa dan budaya. Zulfinnur menceritakan, saat bekerja di Thailand, dirinya belum menguasai Bahasa Thailand, walaupun kendala bahasa menjadi tantangan, ia tidak menjadikan tantangan ini sebagai hambatan.

“Kebetulan di dua negara yang saya pernah bekerja di sana, dua-duanya memiliki kompleksitas bahasa yang tinggi. Di sana adalah tantangannya, mungkin tidak menjadi hambatan, yang penting kita bisa memahami saat berbicara,” ujarnya.

Tantangan kedua adalah budaya yang berbeda. Baik Zulfinnur dan Hari, keduanya pernah mengalami kejadian unik mengenai perbedaan budaya. Hari mengatakan, salah satu budaya yang terkenal di Jepang adalah budaya kerjanya. Karena berlatar belakang sebagai negara maju, orang-orang di Jepang berlomba-lomba membuktikan diri melalui pekerjaannya. Seringkali budaya kerja yang penuh tekanan tersebut dirasakan oleh Hari. Hal ini tentu berbeda saat ia bekerja di Indonesia.

“Bahkan pressure-nya sangat besar, karena yang unik dari orang Jepang, mereka tidak mengungkapkan di depan kalau ada sesuatu yang mereka suka dan ini membuat kita menebak-nebak. Ini juga yang membuat mereka mengalami stress saat bekerja,” ujar Hari.

Walaupun begitu, Hari dan Zulfinnur mendapakan banyak pengalaman berharga karena diberikan kesempatan bekerja di luar negeri. Banyak potensi diri yang akhirnya berkembang dengan pengetahuan yang didapat saat bekerja di kantor Astra Daihatsu Motor negara lain. Yang terpenting adalah bagaimana diri kita dapat melihat potensi dan kekurangan, sehingga dapat bekerja dengan maksimal. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips