PMB ITB : Kenalkan Entrepreneurship Kepada Mahasiswa Baru ITB 2020

 

Kepala Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Direktorat Kemahasiswaan ITB, Sonny Rustiadi memaparkan program kewirausahaan dalam Seminar Entrepreneurship Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) – ITB 2020.

Bandung, ITB Career Center – Program kewirausahaan merupakan satu dari delapan program kampus merdeka yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Salah satu tujuannya adalah untuk mengembangkan minat kewirausaan mahasiswa. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Direktorat Kemahasiswaan ITB, Sonny Rustiadi saat membuka acara Seminar Entrepreneurship Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) – ITB 2020.

Selain itu, Sonny mengatakan program kewirausahaan yang diadakan di kampus bertujuan membimbing mahasiswa dalam mengembangkan usaha mahasiswa yang lebih baik dan lebih terarah, sehingga kemungkinan untuk sukses lebih tinggi.

“Kemudian program ini pun ada untuk menangani permasalahan pengangguran dan sebagainya,” ujarnya saat memperkenalkan kewirausahaan kepada mahasiswa baru ITB, pada Jumat (18/9/2020).

Ada beberapa program mengenai kewirausahaan di ITB, salah satunya adalah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) X Technopreneurship Orientation Program (TOP) yang merupakan kerjasama ITB Career Center dengan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB.

“Dalam program ini mahasiswa akan dibimbing dan diberikan jaringan kepada investor lebih lanjut supaya bisa mengembangkan bisnisnya. Pendanaan pun diberikan mulai dari 10 hingga 20 juta lebih. Jadi kalau ada yang bilang bisnis susah karna gak ada modal, di ITB kita kasih modal,” ujar Sonny.

 

Sementara itu, pada Seminar Entrepreneurship PMB –ITB 2020, mahasiswa baru ITB diperkenalkan dengan pengalaman kewirausahaan dari para alumni ITB yang sukses sudah. Seminar ini merupakan kerjasama antara ITB Career Center yaitu pengembangan profesi dan kewirausahaan dari Direktorat Kemahasiswaan ITB, LPIK dan Kokesma ITB sebagai UKM yang bergelut dengan entrepreneurship.

“Hari ini kita akan ada dua pembicara yang luar biasa yang akan meracuni siapa tahu ya teman-teman yang masih bimbang ketika lulus dari ITB nanti bukan mencari kerja tapi menciptakan lapangan kerja,” jelasnya.

Pembicara tersebut adalah Founder & CEO Inagri, M Shiddiq Azis dan Team Hear Me yang terdiri atas Athalia Mutiara, Nadya Sahara, Safira N. Shabrina, dan Octiafani Isna. Selain itu, acara ditutup dengan Coaching Session yang diisi oleh lima pembicara lainnya dengan lima topik yang berbeda. Track 1 Mencari Ide Bisnis oleh Nur Islami Javad, Track 2 Langkah Memulai Bisnis oleh M Siswan Irfandi, Track 3 Pemasaran Digital oleh Asri Marwa, Track 4 Tips Bisnis Daring oleh Eka Riani dan Track 5 Techopreneurship oleh Tiara Alunan Dhita.

Coaching session, merupakan bonus bagi temen-temen mahasiswa baru untuk bisa berinteraksi lebih lanjut lagi dengan lima orang coach kita, mereka akan menjadi partner temen-temen dalam bertanya lebih lanjut terkait dengan track masing-masing,” jelas Sonny. (Mar)

 

 

 

 

 

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips