Tips Bangun Komunikasi Efektif Dalam Bekerja

Sumber foto : https://bit.ly/2H5T1ov 

Bandung, ITB Career Center – Beberapa orang memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik, mudah mencari teman baru, dan mendapatkan peringkat pertama dalam pekerjaan karena memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Mereka memiliki kemampuan komunikasi yang efektif untuk bisa melakukan hal tersebut.

Dikutip dari Seek.co.nz, menurut salah seorang pelatih sekaligus konselor karir, Shane Warren, komunikasi yang efektif sebenarnya didasari oleh dua hal, menyampaikan pesan dengan cara menarik dan mendengarkan dengan sebaik mungkin saat orang lain berbicara. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif di tempat kerja.

  • Berkomunikasi Secara Singkat

Saat kita melakukan komunikasi, baik itu secara langsung atau melalui email, pastikan informasi yang ingin disampaikan besifat singkat dan langsung pada inti pesan. Informasi yang disampaikan secara singkat akan meminimalisir kebingungan orang yang menerima informasi. Seseorang yang kebingungan tidak akan mendengarkan dengan baik, sehingga informasi tidak tersampaikan. Walaupun pesan yang disampaikan secara singkat, kita tetap harus menyampaikannya secara friendly, artinya tidak terburu-buru dan tidak terlalu blak-blakan.

  • Berkomunikasi Secara Spesifik

Ketika menentukan poin penting untuk disampaikan kepada rekan kerja, pastikan kita menyampaikan informasi secara spesifik. Contohnya, saat kita memiliki deadline untuk pekerjaan tertentu, kemudian kita ingin berdiskusi dengan rekan kerja tentang bahan yang kita butuhkan. Maka sampaikan secara spesifik mengenai keinginan kita meminta bahan kerja, jangan berpikir bahwa rekan kerja mengerti apa yang kita inginkan tanpa kita minta. Sampaikan keinginan secara jelas dan spesifik.

  • Jadi Pribadi Menyenangkan dan Mudah Didekati

Saat melakukan komunikasi, pastikan kita melakukan eye contact, bersikap santai dan banyak tersenyum. Selain itu, pastikan bahwa kita berbicara dengan menyenangkan, agar orang lain merasa nyaman di sekitar kita. Untuk memastikan hal tersebut, kita dapat mempraktikan gaya komunikasi kita dan meminta penilaian dari teman. Berkomunikasi dengan menyenangkan akan memudahkan kita untuk meminta bantuan dalam pekerjaan dan tentu mereka akan membantu dengan sukarela.

  • Menjadi Pendengar Aktif

Agar komunikasi berjalan efektif, percakapan yang berjalan dua arah harus sama-sama dilakukan dengan baik. Selain menyampaikan pesan dengan baik, kita pun harus menjadi pendengar yang aktif. Mendengarkan secara aktif berarti memberikan perhatian penuh kepada orang yang kita ajak berbicara. Kita pun dapat merespon dengan memberikan pertanyaan tentang apa yang tidak kita pahami atau memberikan tanggapan lainnya.

 Terapkan tips komunikasi yang efektif di atas pada setiap percakapan kita dengan rekan kerja, tujuannya adalah untuk terus berlatih berkomunikasi dengan baik. Keterampilan komunikasi yang efektif dapat membantu kita untuk meningkatkan karier dan membangun jiwa kepemimpinan. (Mar)

 

 



Komentar



Events & Calendar
    • No Upcoming Event
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More