Webinar Series and Coaching 8 SBM-ITB: Improving Decision Making Process with Data: Succeed in the Digital Era

 

Webinar Series and Coaching #8 SBM-ITB:
“Improving Decision Making Process with Data:
Succeed in the Digital Era”

Dalam dunia yang semakin digital, perusahaan dihadapkan pada perubahan konstan dan cepat yang membutuhkan tindakan dan keputusan strategis yang juga harus cepat. Banyak tekanan yang dihadapi oleh perusahaan akibat kemajuan teknologi ini yang dilain pihak kemajuan teknologi ini juga dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif. Untuk ini, perusahaan perlu meningkatkan cara mereka membuat keputusan, didukung oleh bukti dan memanfaatkan keahlian manusia dan data dengan baik.
Pada era digital ini, data harus menjadi inti pengambilan keputusan strategis dalam bisnis, apakah itu perusahaan multinasional besar atau kecil bahkan yang hanya berupa bisnis keluarga. Data dapat memberikan wawasan (insight) yang membantu perusahaan menjawab pertanyaan bisnis utamanya seperti 'Bagaimana saya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan?'. Data mengarah ke pembentukan wawasan; pemilik dan manajer bisnis dapat mengubah wawasan tersebut menjadi keputusan dan tindakan yang menumbuhkan bisnis.
Tantangan selanjutnya yang dimiliki oleh banyak perusahaan adalah bagaimana perusahaan dapat bekerja dengan data. Era digital membawakan perubahan yang sangat berarti terhadap keberadaan data. Jumlah data yang dihasilkan bukan hanya lebih besar, tetapi juga lebih kompleks. Hal ini mempersulit perusahaan untuk mengelola dan menganalisis data mereka. Faktanya, baru-baru ini dilaporkan bahwa 98,6 persen eksekutif menunjukkan bahwa perusahaan mereka menginginkan budaya yang berbasis data, tetapi hanya 32,4 persen yang melaporkan keberhasilannya (NewVantage Partners, 2018). Sebuah studi IDC 2018 juga mencatat bahwa organisasi telah menginvestasikan triliunan dolar untuk memodernisasi bisnis mereka, tetapi 70 persen dari inisiatif ini gagal karena mereka memprioritaskan investasi teknologi tanpa membangun budaya data untuk mendukungnya.
Webinar dan coaching ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencoba menggali pengalaman praktis langsung dari pelaku bisnis dalam menetapkan keputusan bisnisnya dengan menggunakan data. Bagaimana mengubah cara perusahaan membuat keputusan bukanlah tugas yang mudah, menggabungkan data dan analitik ke dalam siklus pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan membutuhkan pendekatan khusus. Hal inilah yang akan didiskusikan di dalam Webinar dan Coaching ini.

Pembicara:
Webinar: “Improving Decision Making Process with Data: Succeed in Digital Era”
1. Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom
2. Heru Wiryanto, People Analytics and HR Data Science Enthusiast
3. Nugraha Priya Utama, P.hD, Lecturer of KK Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI ITB)


Coaching: “Practicing Data-driven Decision Making”
1. Manahan Siallagan, Ph. D, Director of Big Data and Business Analytics Laboratory SBM ITB dan Lecturer of SBM ITB
2. I Made Ariya Sanjaya, CEO of Kazee
3. Bey Arief Budiman, Head of Delivery Yelowfin Indonesia
4. Muhammad Apriandito, CEO of Technaut, Programmer of Big Data and Business Analytics Laboratory SBM ITB

Waktu:
Sabtu, 19 September 2020
Webinar: 09:00-12:00 WIB
Coaching: 13:00-15:00 WIB

Link Pendaftaran:
https://bit.ly/sbmwebinarseries

CONTACT PERSON:
1. Puteri Annisa (puteri,annisa@sbm-itb.ac.id/ 085156460157)
2. Abel Tedjamulja (abel@sbm-itb.ac.id/ 081223339085)
3. Felicia Dwirahma S. (felicia.ds@sbm-itb.ac.id/ 081802222597)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More