Manajemen Efektif Untuk Ciptakan Tim Kerja Yang Solid

 (sumber gambar : https://bit.ly/3bZEfuL)

Bandung, ITB Career Center – Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, apalagi jika ini adalah pertama kali kita memimpin sebuah tim dalam pekerjaan. Kita harus memiliki gaya manajemen yang efektif agar sukses membangun tim yang solid demi mencapai target perusahaan.

Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan agar dapat memimpin dengan baik. Dikutip dari Indeed.com, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan manajemen personalia di tempat kerja untuk mencapai tujuan tim:

  • Kelola Beban Kerja Pribadi Terlebih Dahulu

Sebelum kita mengatur orang lain, pastikan kita mengelola pekerjaan sendiri terlebih dahulu. Buatlah jadwal bekerja pribadi yang berisi capaian kerja dan waktu untuk menyelesaikannya. Kesuksesan diri menyelesaikan tugas akan berdampak baik saat kita memimpin tim kelak. Manajemen diri yang baik harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

  • Kenali Tim

Langkah pertama menuju manajemen yang efektif untuk mengelola tim adalah memahami orang-orang yang kita kelola. Hal ini bergantung pada tipe kepribadian mereka karena setiap orang dapat merespons secara berbeda terhadap berbagai gaya kepemimpinan. Beberapa orang mungkin membutuhkan arahan langsung, sementara beberapa orang lainnya dapat bekerja secara bebas dan fleksibilitas. Pemimpin yang cerdas dapat menyesuaikan teknik manajemen mereka tergantung pada siapa mereka bekerja. Pimpinan yang baik pun dapat mengembangkan potensi individu setiap anggota tim dengan perhatian yang sesuai dengan tipe individu tersebut.

  • Delegasikan Tugas

Sebagai seorang pemimpin tim, kita dapat berfokus pada tugas-tugas inti yang memiliki beban kerja yang lebih besar dibandingkan yang lain. Pekerjaan pendukung lainnya harus kita percayakan kepada anggota tim. Setelah kita mengenali setiap anggota tim secara mendalam, seperti kekuatan, kelemahan, pengalaman dan keterampilan mereka, kita dapat mendelegasikan pekerjaan secara tepat kepada orang-orang yang tepat.

Kita pun harus memastikan bahwa setiap anggota tim merasa yakin dengan kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas. Dengan mendelegasikan tanggung jawab kepada orang lain, kita menunjukkan kepercayaan pada kemampuan mereka dan membantu mereka merasa menjadi bagian penting dalam hasil proyek.

  • Bangun Komunikasi

Jangan menunggu dihubungi oleh anggota tim, jadilah orang yang memiliki inisiatif tinggi dalam berkomunikasi. Bangunlah komunikasi yang baik antar anggota tim dengan menentukan saluran utama komunikasi, jadwal rapat rutin, laporan individu, hingga mengadakan diskusi demi memecahkan masalah yang dihadapi bersama-sama. Komunikasi terbuka adalah hal yang penting dalam tim.

  • Tunjukkan kepemimpinan yang konsisten

Membangun kepercayaan dengan tim adalah bagian penting dari menjadi manajer yang baik. Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan bahwa kita dapat dipercaya dan mendapatkan rasa hormat dari orang lain adalah dengan konsisten dalam perilaku. Jangan mudah mengubah kebijakan. Selain itu, kerjakan tanggung jawab sesuai dengan semestinya, hal ini akan menumbuhkan kepercayaan anggota tim.

  • Menyelesaikan konflik secara aktif

Hal lain yang harus diperhatikan untuk membentuk tim yang solid adalah interaksi yang terjadi antar anggota tim. Perhatikan bagaimana anggota tim berinteraksi satu sama lain. Konflik interpersonal antara anggota tim dapat memperlambat produktifitas dan menyebabkan miskomunikasi di seluruh tim. Jika melihat konflik, ambil langkah untuk menengahi dan secara aktif menyelesaikan konflik sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Beberapa hal di atas adalah teknik manjemen yang dilakukan seorang pemimpin untuk membangun tim yang solid. Kita juga dapat mengembangkan tips di atas sesuai dengan gaya kepemimpinan yang kita miliki dan disesuaikan dengan kondisi tim yang ada. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More