Kiat Hadapi Karir Pertama Sebagai Seorang Marketing

(Sumber Gambar : https://bit.ly/2FnxqXZ)

Bandung, ITB Career Center – Marketing adalah kegiatan memasarkan produk atau jasa oleh seseorang untuk kepentingan perusahan. Dikutip dari Themuse.com, bila tertarik menjadi seorang marketing, kita dapat mulainya dengan mengikuti pendidikan formal di perguruan tinggi, setelah itu kita dapat menerapkan teori pemasaran dalam dunia nyata.

Tantangan terbesar adalah saat menjadi marketing untuk pertama kali. Tidak hanya berbekal teori dari perkuliahan, memasuki dunia marketing memerlukan pengalaman dan beberapa masukan dari marketing profesional. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat membantu kita menghadapi karir sebagai marketing untuk pertama kalinya. Berikut adalah beberapa tips yang dirangkum dari Themuse.com.

  • Pahami Jenis Pekerjaan Pemasaran Yang Diinginkan

Dalam marketing, ada beberapa jenis peran pemasaran diantaranya pemasaran produk, pemasaran internet dan lainnya. Kita harus mengetahui jenis pemasaran mana yang paling cocok dengan potensi yang kita miliki. Pikirkan tentang jenis pekerjaan apa yang ingin kita lakukan sekarang dan perencanaan karir untuk jangka waktu panjang . Kita dapat mulai dengan mencoba bidang marketing secara umum untuk membantu mengasah keterampilan dan mengetahui jenis pemasaran paling tepat dengan yang sesuai.

  • Ikuti Blog, Buletin, dan Media Sosial Pakar Pemasaran

Mencari teori dan pengalaman dari orang lain yang sudah profesional dapat menjadi pembelajaran berharga bagi kita yang baru terjun ke dunia marketing. Kita dapat mencari informasi tersebut dari blog, majalah, hingga media sosial para marketing profesional. Lihat bagaimana mereka bekerja sebagai seorang marketing, baca artikel mengenai pengalaman mereka berkarir dan bagaimana mereka berkembang dalam karirnya. Kita pun akan selalu update mengenai tren baru di bidang pemasaran dengan mengikuti para profesional secara online.

  • Kembangkan Hubungan Dengan Mentor

Mentor dapat kita temukan tidak hanya di tempat kerja. Sedari kuliah kita dapat mengikuti berbagai organisasi yang berkaitan dengan bidang marketing. Di sana kita akan bertemu dengan mentor yang akan membantu kita belajar bidang marketing secara nyata. Selain itu, mentor yang kita temui saat kuliah dari berbagai organisasi mengenai marketing biasanya memanfaatkan koneksi pribadi dan profesional mereka untuk mendukung kita dalam berkarir.

  • Buat Konten Sendiri

Salah satu cara berlatih marketing adalah mempromosikan karya sendiri. Kita dapat menjadi marketing untuk mendistribusikan karya kita kepada orang lain. Mulailah dengan menulis di blog, membuat konten media sosial seperti akun Instagram khusus, memiliki saluran YouTube atau podcast sendiri.

Hal ini akan melatih keterampilan kita dalam pemasaran digital dan untuk menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa kita memiliki potensi. Jangan lupa untuk meneliti target audiens terlebih dahulu, membuat konten bernilai tinggi, dan belajar dari kritikan orang lain. Kegiatan produktif ini akan menjadi portofolio untuk kita tunjukan saat melamar kerja.

  • Ikuti Pelatihan

Cara untuk mempelajari dan memperkuat keterampilan kita dalam bidang marketing adalah mengikuti berbagai pelatihan, seminar atau workshop mengenai bidang ini. Salah satunya adalah untuk marketing digital kita dapat mengikuti pelatihan Google Analytics atau memahami dasar-dasar pengoptimalan mesin telusur (SEO). Luangkan waktu lebih banyak untuk mengikuti pelatihan bidang marketing untuk mempertajam keahlian dan membantu menonjol di antara pelamar lainnya. Kita dapat mempraktikan hasil latihan dalam proyek karya kita sendiri.

Nyatanya banyak perusahaan yang membutuhkan seorang marketing demi keberlanjutan perusahaan. Bidang ini pun memiliki jenjang karir yang jelas dan menghasilkan upah yang tidak sedikit, sehingga bidang marketing dapat menjadi pilihan karir yang menjanjikan. Beberapa tips di atas dapat membantu kita menghadapi pekerjaan pertama sebagai seorang marketing, agar mudah beradaptasi dan berkembang. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More