Kiat Kurangi Stres Bekerja

 

sumber foto : https://bit.ly/30utexx

Bandung, ITB Career Center – Stres saat bekerja dapat dialami oleh siapapun. Penelitian menunjukkan persentase orang Amerika yang stres di tempat kerja cukup tinggi. Stres kerja ini dapat berdampak pada kesehatan, mulai dari penyakit yang relatif tidak berbahaya seperti semakin banyak pilek dan flu, hingga berpotensi serius seperti penyakit jantung dan sindrom metabolic.

Dikutip dari Verywellmind.com, ada beberapa cara untuk mengurangi stres saat bekerja. Salah satunya dengan membuat strategi yang efektif dalam bekerja untuk mengurangi stres. Berikut beberapa teknik manajemen stres yang bisa kita coba jika merasa kesulitan untuk mengatasi stres saat kerja.

Mulailah hari dengan baik

Memulai hari dengan baik dapat menghindari stres saat bekerja. Contohnya jika pagi hari kita isi dengan segudang kesibukan seperti, bangun kesiangan, tidak sarapan pagi,dan terjebak macet di jalan. Sehingga banyak orang yang datang ke tempat kerja dalam keadaan lelah dan stres. Rasa stres akan berkepanjangan hingga mempengaruhi kinerja kita.

Maka, pastikan kita memulai hari dengan baik dan positif. Selalu bangun lebih pagi, jangan lupa sarapan yang bergizi, dan pergi ke tempat kerja dengan estimasi waktu yang cukup panjang untuk menghindari kemacetan. Sehingga kita akan sampai di tempat kerja dalam keadaan yang baik dan siap bekerja dengan baik pula.

Jauhi Konflik

Konflik berdampak pada kesehatan fisik dan emosional. Konflik di antara rekan kerja mungkin akan kita alami dan sulit untuk dihindari, walaupun begitu sebisa mungkin kita harus hindari konflik di tempat kerja. Jangan bergosip, jangan terlalu banyak membagikan pendapat pribadi tentang isu yang sensitif dan jauhi humor kantor yang berlebihan. Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari orang yang tidak bekerja dengan baik dengan orang lain. Jika konflik kita harus terjebak dalam konflik, secepat mungkin selesaikan konflik tersebut agar tidak berlarut-larut.

Tetap Teratur

Memiliki perencanaan yang rapih ternyata dapat mengurangi stres di tempat kerja. Dengan mengatur waktu bekerja, kita dapat meminimalisir kesibukan yang sia-sia dan pekerjaan pun akan selesai tepat waktu. Susun pekerjaan apa yang akan kita lakukan setiap harinya, buat timeline tentang apa saja tugas yang harus kita selesaikan terlebih dahulu. Menjaga diri agar tetap teratur dapat membantu kita menjadi lebih efisien dengan pekerjaan.

 

Tips di atas dapat membantu kita mengurangi stres di tempat kerja. Selain beberapa hal di atas, agar kita tidak stres dalam bekerja kita harus menikmati pekerjaan tersebut. Lakukan pekerjaan dengan perasaan senang. Dengan begitu pekerjaan akan terasa ringan. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More