Cara Tepat Tetap Profesional Bekerja Dengan Teman

Sumber foto : https://bit.ly/2BYB0pU

Bandung, ITB Career Center – Membuat bisnis atau bekerja bersama teman dapat membuat pekerjaan apa pun menjadi lebih ringan dan produktif. Faktanya, hampir seperempat pekerja kantor yang berpartisipasi dalam survei OfficeTeam tentang bekerja bersama teman, mengatakan bahwa memiliki persahabatan di tempat kerja memberikan manfaat yang besar dalam pekerjaan.

Fakta lain menyebutkan, hubungan yang terjalin di tempat kerja pun dapat bertahan lama. Dikutip dari Roberthalf.com, walaupun memiliki banyak manfaat, bekerja bersama teman ternyata berpotensi muncul konflik pribadi, selain itu seringkali kita dianggap tidak professional oleh rekan kerja yang lain. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kita untuk tetap professional saat bekerja bersama teman di tempat kerja.

Menetapkan batas yang jelas

Salah satu landasan persahabatan adalah membangun kepercayaan. Sangat penting untuk membuat perjanjian dengan teman kerja tentang menjaga informasi pribadi tetap pribadi dan tidak membawanya saat bekerja. Hindari diskusi tentang masalah pribadi di kantor dan jaga agar obrolan yang ada saat bekerja tetap professional. Tegaskan hal ini agar teman kita tidak merasa tersinggung.

Jaga agar tindakan tetap profesional

Kantor itu bukan tempat kita bermain. Tidak apa-apa untuk sesekali bercanda dengn teman kerja, tetapi jangan berlebihan. Tetap jaga tindakan dan percakapan di tempat kerja. Jangan menggunakan nama panggilan atau mendiskusikan apa pun yang terlalu pribadi hingga dapat mempermalukan teman kita. Tetap saling mneghormati satu sama lain.

Jangan memberi perlakuan istimewa

Jika kita mendapatkan promosi di tempat kerja, sekaligus menjadi atasan bagi teman kita, selalu ingat untuk tidak memberi perlakukan khusus kepada teman kita tersebut. Tetap berikan beban kerja yang sama antara teman kita dengan rekan kerja lainnya, berikan kritik yang sama, dan tetap bersikap tegas saat bekerja. Tetap professional sebagai atasan di tempat kerja, dan tetap bersahabat secara pribadi di luar jam kerja.

 

Hindari Perselisihan

Jangan biarkan perselisihan antar teman mempengaruhi pekerjaan kita. Simpan perselisihan di luar jam kerja, tetap bersikap sopan dan professional di tempat kerja. Pertengkaran yang mempengaruhi pekerjaan dapat memberikan penilain buruk bagi karir kita kedapannya. Kita akan dianggap tidak bisa memisahkan kepentingan pribadi dan pekerjaan. Segera selesaikan perselisihan agar kembali menjadi teman yang baik.

 

Memiliki teman di tempat kerja dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Agar tidak terjadi konflik, kita dapat berhati-hati bekerja dengan teman, saling menjaga nama baik, dan menjaga profesionalitas selama bekerja. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More